29 April 2024 - 21:56 21:56

Sudah 20 Kali Harimau Mangsa Hewan Ternak di Langkat

WartaPenaNews, Jakarta – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara mencatat sudah 20 kali harimau menyerang dan menerkam hewan ternak warga berupa lembu, di kawasan Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumut. Terakhir terjadi di lokasi itu, Senin, 11 Januari 2021.

Seekor lembu mati karena diterkam oleh hewan dengan bahasa latin Panthera Tigris Sumatrae itu. Hal ini sudah membuat warga sekitar resah dengan aktivitas hewan buas itu.

Kepala BBKSDA Sumut, Hotmauli Sianturi, menjelaskan 20 kali serangan satwa liar dilindungi, dengan perincian Januari 2020 terjadi 2 kejadian, Februari 2 peristiwa, Mei 5 kejadian.

“Juni 6 kali, Oktober 2 kali, Desember 2 kali dan Januari terjadi lagi,” kata Hotmauli, Selasa, 12 Januari 2021.

Kawasan penyerangan hewan ternak warga itu merupakan perbatasan kawasan Taman Nasional Gunung Lauser (TNGL) sebagai tempat habitat harimau hidup dan mencari makan. Ditambah lagi, lembu dilepas begitu saja, tanpa dimasukkan ke kandang.

“Area (TNGL) itu, secara hukum statusnya hutan, tapi vegetasinya sudah menjadi kebun sawit dan karet dan sudah berlangsung lama, tanamannya pun sudah tua,” tutur Hotmauli.

Hotmauli mengatakan lembu dibiarkan begitu saja hanya cuma diikat di pohon. Kondisi itu membuat harimau yang beraktivitas mencari makan dengan mudah menerkam hewan ternak warga itu.

“Sementara harimau aktifnya sore, malam, dan subuh. Daerah itu masuk kawasan jelajahnya. Ternak yang tiduran, apalagi diikat, menjadi mangsa empuk. Itu sebenarnya yang terjadi di sana,” kata Hotmauli.

BBKSDA bersama Pemkab dan BBTNGL sudah mengimbau warga agar mengandangkan ternaknya. Namun, imbauan itu hanya dituruti ketika ada konflik dengan harimau.

Hotmauli mengatakan untuk relokasi Harimau Sumatera itu merupakan pilihan terakhir. Pihaknya sudah melakukan pemasangan kamera pemantau hingga memasang kandang jeratan di lokasi untuk mengatasi konflik harimau itu.

“Karena manusia yang merangsek ke rumahnya (harimau),” kata Hotmauli. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 April 2024 - 12:13
Polisi Selidiki soal Pelat BMW Emas Milik Pelaku Pembunuhan Remaja Open BO

WARTAPENANEWS.COM – Baru-baru ini, beredar sebuah foto di media sosial yang memperlihatkan mobil BMW berwarna emas milik Arif Nugroho, pelaku yang mencekoki remaja 16 tahun hingga tewas di sebuah hotel

01
|
29 April 2024 - 11:19
Ayah di Jambi Cabuli Anak Kandungnya Berkali-kali

WARTAPENANEWS.COM – Seorang ayah di Desa Mekar Limau Manis, Kecamatan Tabir Ilir, Kabupaten Merangin, Jambi hampir menjadi bulan-bulanan tetangganya, jika tidak cepat diamankan ke kantor polisi oleh anggota Bhabinkamtibmas Aipda

02
|
29 April 2024 - 10:09
Daratan Selatan AS Diterjang Angin Puting Beliung

WARTAPENANEWS.COM – Puluhan angin puting beliung melanda daratan selatan Amerika Serikat, akhir pekan kemarin. Setidaknya empat orang tewas, termasuk seorang bayi berusia empat bulan, di Negara Bagian Oklahoma. Selain itu,

03