6 May 2024 - 09:37 9:37

Suhardi Minta Stop Hujat Mahfud MD

WartaPenaNews, Jakarta – Praktisi Hukum Dr. Suhardi Somomoeljono menilai apa yang diucapkan Mahmud MD terkait capres Prabowo-Sandi menang di wilayah garis keras harus dikaji dan dicermati secara utuh.

Hal itu dipandang perlu agar tidak menimbulkan polarisasi pemikiran yang bersifat subyektif dan bernuansa politisasi.

“Kalimat daerah garis keras itu sendiri oleh Mahfud telah ditegaskan dengan jelas dengan kalimat “dahulu dianggap” daerah-daerah garis keras”. Kalimat itu merupakan fakta sejarah yang nyata dimasa pemerintahan orde baru,” kata Suhardi ketika dimintai komentarnya di Jakarta, Kamis (2/5/2019).

Adanya kalimat dari Mahfud yang menegaskan dengan kata-kata “dahulu dianggap”, itu artinya Mahfud sendiri belum tentu secara akademis menyimpulkan bahwa daerah-daerah tersebut merupakan daerah garis keras yang bersifat negatif (baca, Islam radikal, Islam teroris, Islam ekstrim kanan, Islam Komando Jihad, dll).

“Dalam pengamatan saya apa yang dikatakan Mahfud mengenai daerah-daerah garis keras “baik di Aceh, Jawa Barat, Sulawesi Selatan perlu di cermati diuji dikaji secara utuh,” ujar Suhardi.

Pengajar Pascasarjana Universitas Matla’ul Anwar Banten ini menambahkan Mahfud sebagai guru besar di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) dalam bidang Ilmu Hukum tentunya tidak sembarangan berbicara terkait ucapannya.

Jika mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini tidak berjiwa besar bisa saja, sambung Suhardi, Mahfud melakukan tindakan hukum melaporkan pidana kepada siapa saja yang menyerang kehormatan MMD.

“Sebaiknya segera hentikan segala cercaan dan caci maki yang bersifat tendensius kepada pribadi Mahfud,” pungkas Suhardi.

Mahfud MD dalam akun media sosialnya pernah menyatakan bahwa capres nomor urut 02 unggul di selebaran daerah garis keras seperti Aceh, Jawa Barat, dan Sulawesi Selatan.

Peryataan di akun medsos pribadi Mahfud ini lantas mengundang kotroversi di kalangan nitizen. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
6 May 2024 - 08:29
Dua Anak di Jember Alami Gangguan Jiwa akibat Terlalu Sering Main Game Online

WARTAPENANEWS.COM – Dua kakak beradik ini berinisial EW (19) dan SA (17), warga Desa Sruni, Kecamatan Jenggawah, Jember, Jawa Timur mengalami gangguan jiwa. Mereka berdua kini terus mendapatkan bantuan terapi dan

01
|
6 May 2024 - 08:09
Juni 2024, Seleksi CPNS dan PPPK Dibuka

WARTAPENANEWS.COM –  Pemerintah kembali membuka seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) pada juni mendatang. Seleksi tersebut akan dibuka baik untuk CPNS yang berada di sekolah kedinasan maupun CASN umum di

02
|
6 May 2024 - 07:31
Liverpool Kalahkan Tottenham Hotspur, 4-2

WARTAPENANEWS.COM – Jurgen Klopp sangat senang dengan kemenangan 4-2 Liverpool atas Tottenham Hotspurs. Klopp mengatakan kemenangan ini memberikan perasaan mirip naik roller-coaster di sisa musim 2023-2024. Liverpool membungkam Tottenham Hotspurs

03