27 February 2024 - 22:59 22:59

Jabatannya Sudah Berakhir, Surya Paloh Digugat Kader Partai Nasdem

WartaPenaNews, Jakarta – Kedudukan Surya Paloh sebagai Ketua Umum Partai Nasional Demokrat dipertanyakan oleh kadernya Kisman Latumakulita. Dia menggugat Surya Paloh yang dianggapnya tak lagi menjabat sebagai ketua umum Nasdem sejak tanggal 6 Maret 2018 lalu.

“Saya ingin kepastian Nasdem ini. Pengadilan mengatakan masih sah tidak Kakak Surya Paloh menjadi ketum Nasdem. Kalau sah ya kami hormati putusan pengadilan, kalau tidak harus diperbaiki ke depan,” kata Kisman saat mengajukan gugatan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (6/2/2019).

Upaya pengajuan gugatan itu dilayangkan setelah pihaknya menyampaikan laporan kepada Mahkamah Partai Nasdem. Laporan itu sudah dikirim ke Sekretariat Mahkamah Partai pada minggu ketiga Oktober 2018. Namun, sampai saat ini, belum ada tindaklanjut dari Mahkamah Partai Nasdem tersebut.

Surya Paloh dipilih sebagai ketua umum pada Kongres Partai Nasdem di Jakarta pada 2d Februari 2013. Jabatan, Paloh berakhir sejak tanggal 6 Maret 2018, karena berdasarkan ketentuan pasal 21 Anggaran Dasar Partai Nasdem, Dewan Pertimbangan Partai, Mahkamah Partai, dan Dewan Pimpinan Pusat Partai dipilih untuk jangka waktu lima tahun.

Belum adanya kongres, maka semua keputusan partai yang ditandatangani Surya Paloh sebagai ketua umum Partai Nasdem seharusnya sudah tidak sah secara hukum sejak tanggal 6 Maret 2018.

Terkait dengan proses pencalonan anggota legislatif (caleg) dan upaya pemberian dukungan Partai Nasdem kepada pasangan calon presiden-calon wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo-KH Maruf Amin.

Kisman menyerahkan semua kepada pihak PN Jakarta Pusat. Dia menambahkan, nantinya pihak PN Jakarta Pusat akan memutuskan mengenai keabsahan Surya Paloh sebagai ketua umum Nasdem.

“Kami lihat saja putusannya bagaimana. Saya mencari kepastian tentang ketua umum. Jangan sampai Nasdem yang mengusung restorasi berada di bawah kepastian hukum,” pungkasnya. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 February 2024 - 12:12
Ini Penyebab Sakit Kepala karena Sering Begadang

WARTAPENANEWS.COM  -  Terlalu asik mengerjakan sesuatu terkadang membuat Anda lupa waktu untuk beristirahat. Kerap kali waktu tidur di malam hari dimanfaatkan untuk begadang menyelesaikan beberapa pekerjaan atau sekadar asik berselancar

01
|
27 February 2024 - 11:08
Rumah Warga di Cilodong Kebakaran

WARTAPENANEWS.COM  - Sebuah rumah di Perumahan Taman Cimanggis Indah, Sukamaju, Cilodong, Kota Depok, kebakaran, pada Senin 26 Februari 2024, sekira pukul 23.55 WIB. Kasi Penyelamatan Dinasb Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan

02
|
27 February 2024 - 10:13
Pemkot Depok Tutup JPO di Taman SeCawan untuk Sementara

WARTAPENANEWS.COM  - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) menutup sementara jembatan penyebrangan orang (JPO) yang ada di Taman SeCawan Jalan Salak, Depok Jaya, Pancoran Mas,

03