29 March 2024 - 22:19 22:19

Syarat Jalani Persalinan Normal Saat Pandemi Covid-19

WartaPenaNews, Jakarta – Menjalani persalinan normal menjadi harapan para ibu. Namun, di tengah pandemi COVID-19, persalinan normal bisa saja menimbulkan risiko penularan baik pada bayi maupun tenaga medis.

Dikatakan dokter spesialis kebidanan dan kandungan di RS Pondok Indah – Pondok Indah, dr. Muhammad Fadli, Sp. OG., saat ini pihak rumah sakit sudah memberikan aturan mendasar terkait hal itu. Paling utama, lanjut Fadli, dokter akan memilah terlebih dahulu status kesehatan pasien.

“Untuk persalinan, di sini kita harus ditanyakan terlebih dahulu apakah pasien ada demam atau tidak, termasuk dalam kategori ODP, PDP, atau OTG, atau pasien positif atau tidak,” ujarnya dalam Live Webinar RS Pondok Indah Group, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, status pasien yang sudah ditentukan akan membuat tim medis dapat memberi keputusan terkait proses persalinannya. Jika pasien memang berstatus negatif COVID-19 dan mau melakukan persalinan normal, hal itu diperbolehkan.

“Jika pasien yang akan melahirkan tidak ada indikasi mengarah kepada covid-19 dan tidak ada kontraindikasi persalinan melalu vagina maka tidak ada salahnya untuk coba melahirkan secara normal,” tutur dokter Fadli.

Namun, jika status pasien adalah positif COVID-19, Fadli menilai bahwa persalinan normal bukan hal yang tepat untuk dilakukan. Ia menambahkan, selama ibu dan janin sehat, apapun jenis persalinannya tak perlu dipermasalahkan.

“Biasanya kalau ada kelainan posisi janin, panggul yang sempit, atau terjadi perdarahan sebaiknya mungkin dilakukan operasi caesar,” kata dr. Fadli. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03