7 Februari 2023 - 08:34 8:34

Tahun 2018, Defisit Perdagangan Masih Dipengaruhi Tingginya Impor Migas

WartaPenaNews, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan kinerja neraca perdagangan sepanjang 2018 mengalami defisit masih terpengaruh oleh tingginya impor migas.

“Defisit migasnya terlalu besar, sehingga total jadi defisit,” kata Darmin di Jakarta, Jumat (11/1/2019).

Darmin mengakui persoalan impor migas ini tidak bisa diselesaikan dalam waktu cepat, karena membutuhkan pembenahan selama bertahun-tahun.

Selain itu, impor migas tersebut juga didukung oleh ketergantungan yang tinggi dari masyarakat maupun industri kepada penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM). “Sebenarnya terakhir kita surplus migas neraca perdagangannya pada 2001 atau 2002, setelah itu pelan-pelan makin besar,” ujarnya.

Darmin menambahkan tingginya impor migas ini telah menutup pencapaian ekspor nonmigas pada 2018 yang tercatat menyumbang surplus neraca perdagangan nonmigas.

Untuk itu, dalam waktu dekat, ia menegaskan, selama belum ada upaya untuk menangani persoalan impor migas, maka neraca perdagangan masih sulit untuk surplus.

Dalam kesempatan terpisah, Ekonom Universitas Indonesia Lana Soelistianingsih juga mengatakan defisit neraca perdagangan pada 2018 terjadi karena tingginya impor migas.

Defisit juga terjadi karena ekspor nonmigas terdampak penurunan harga komoditas seperti batubara, CPO dan karet serta perlambatan pertumbuhan ekonomi China yang menjadi mitra dagang utama Indonesia.

Selain itu, impor nonmigas Indonesia juga tinggi terutama bahan baku dan bahan modal yang diperlukan untuk kegiatan pembangunan infrastruktur.

Melihat kondisi tersebut, Lana memproyeksikan defisit masih terjadi di 2019, apalagi permintaan dari China belum sepenuhnya pulih sebagai dampak dari terjadinya perlambatan ekonomi.

“Kita tak bisa menekan China untuk membeli dari kita kalau ekonominya lagi melambat. Apalagi di 2019 ini China diprediksi melambat sampai 6,5%,” katanya. (ant/rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

Presiden Rusia Vladimir Putin
Pasok Tank untuk Ukraina, Putin Ancam Jerman Pakai Nuklir
film
Deretan Film Semi China Terbaik
satu 1
Viral, Siswa Teladan di SMA Kotamobagu Dianiaya hingga Babak Belur
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
6 Februari 2023 - 12:17
Diduga Sebabkan Gagal Ginjal, BPOM Setop Sementara Produksi-Distribusi Obat Sirop

wartapenanews.com - Dua anak di Jakarta dilaporkan mengidap Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA) pada awal Februari 2023, setelah kasus serupa tak ditemukan sejak Desember 2022. Satu meninggal dan satu

01
|
6 Februari 2023 - 11:08
Ecky Kuras Harta Senilai 1,1 Miliar, Usai Bunuh dan Mutilasi Angela

wartapenanews.com - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya mengungkapkan tersangka M Ecky Listiantho (34) atau MEL menguras harta korban usai melakukan pembunuhan terhadap Angela Hindriati (54) atau AHW

02
|
6 Februari 2023 - 10:11
Gempa 7,8 Magnetudo Robohkan Bangunan di Turki

wartapenanews.com -  Gempa bumi dahsyat berkekuatan 7,8 magnitudo menggetarkan Provinsi Osmaniye di Turki, pada Senin (6/2). Getaran gempa terasa hingga negara tetangganya, Suriah, dan berlangsung pada pagi buta — ketika

03