29 April 2024 - 22:46 22:46

Tahun 2019, Sebanyak 59 Hakim Meninggal Dunia

WartaPenaNews, Jakarta – Mahkamah Agung mencatat 59 hakim meninggal dunia sepanjang tahun 2019.

Ketua Mahkamah Agung Halla Ali merinci, sebanyak 23 orang hakim peradilan agama, 34 orang hakim peradilan umum dan dua orang hakim agung meninggal dunia.

“Sebagian besar atau 99,9% meninggal karena faktor kesehatan,” kata Ketua MA Hatta Ali dalam acara Refleksi Akhir Tahun MA di Gedung MA Jalarta, Jumat (27/12/2919).

Dalam kesempatan itu Hatta Ali juga mengucapkan dukacita yang menfalam, karena MA menyadari tugas, tanggung jawab, tekanan dan resiko yang dihadapi oleh aparatur peradilan khususnya para hakim begitu berat.

Saat imj hakim disejumlah daerah masih banyak yang menemui kendala saat memeriksakan kesehatannya, karena harus melalui BPJS. Hal ini berbeda dengan para hakim agung yang memiliki asuransi Jasindo.

“Kasihan hakim-hakim ini, mau berobat saja harus minta surat pengantar dari puskesmas, mau ke dokter biayanya mahal,” ujar Hatta.

Untuk itu, ujar Hatta, Mahkamah Agung berupaya untuk terus meningkatkan jaminan kesejahteraan termasuk jaminan kesehatan khususnya bagi para
hakim.

MA, kata Hatta Ali, tengah berupaya mendorong perubahan regulasi terkait jaminan kesehatan bagi seluruh hakim, agar ke depannya para hakim mendapatkan jaminan kesehatan yang layak sesuai kebutuhan dan standar bagi hakim. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 April 2024 - 12:13
Polisi Selidiki soal Pelat BMW Emas Milik Pelaku Pembunuhan Remaja Open BO

WARTAPENANEWS.COM – Baru-baru ini, beredar sebuah foto di media sosial yang memperlihatkan mobil BMW berwarna emas milik Arif Nugroho, pelaku yang mencekoki remaja 16 tahun hingga tewas di sebuah hotel

01
|
29 April 2024 - 11:19
Ayah di Jambi Cabuli Anak Kandungnya Berkali-kali

WARTAPENANEWS.COM – Seorang ayah di Desa Mekar Limau Manis, Kecamatan Tabir Ilir, Kabupaten Merangin, Jambi hampir menjadi bulan-bulanan tetangganya, jika tidak cepat diamankan ke kantor polisi oleh anggota Bhabinkamtibmas Aipda

02
|
29 April 2024 - 10:09
Daratan Selatan AS Diterjang Angin Puting Beliung

WARTAPENANEWS.COM – Puluhan angin puting beliung melanda daratan selatan Amerika Serikat, akhir pekan kemarin. Setidaknya empat orang tewas, termasuk seorang bayi berusia empat bulan, di Negara Bagian Oklahoma. Selain itu,

03