21 April 2024 - 21:51 21:51

Taiwan Diguncang Gempa Dahsyat 7,4 Magnitudo, Banyak Gedung Ambruk dan Listrik Mati

WARTAPENANEWS.COM –  Gempa bumi besar berkekuatan 7,4 skala Richter melanda pantai timur Taiwan pada Rabu (3/4/2024). menurut Survei Geologi AS (USGS), gempa bumi terkuat ini melanda pulau itu dalam 25 tahun.

Gempa terjadi pada pukul 07.58 waktu setempat, 18 kilometer (11 mil) selatan kota Hualien dan pada kedalaman 34,8 kilometer (21 mil). Gempa susulan ini diikuti oleh beberapa gempa susulan yang kuat dan getarannya terasa di seluruh pulau, termasuk oleh staf CNN di Taipei.

Laporan mengenai kerusakan awal telah muncul, dengan orang-orang terperangkap di dalam bangunan yang runtuh di Hualien County, ribuan rumah tanpa aliran listrik, dan jalan raya utama di sepanjang pantai timur pulau itu ditutup untuk lalu lintas karena kerusakan besar akibat tanah longsor dan batu runtuh.

Juru bicara Administrasi Cuaca Pusat Taiwan memperingatkan bahwa gempa susulan berkekuatan 7 skala Richter diperkirakan akan terjadi hingga akhir minggu ini.

Gempa tersebut memicu peringatan tsunami di Taiwan, Jepang selatan, dan Filipina, dengan gelombang kurang dari setengah meter terlihat di beberapa pantai, dan mendorong maskapai penerbangan untuk menunda penerbangan.

Menurut Badan Meteorologi Jepang, peringatan tsunami di Jepang kemudian dicabut.

Kementerian Pertahanan mengatakan di Taiwan, personel militer telah dikirim untuk membantu bantuan bencana dan sekolah-sekolah serta tempat kerja menghentikan operasinya ketika gempa susulan melanda pulau itu.

Presiden Taiwan yang akan segera habis masa jabatannya, Tsai Ing-wen, mengatakan pada Rabu (3/4/2024)bahwa dia telah memerintahkan pemerintahannya untuk segera mengatasi situasi ini dan memahami dampak lokal sesegera mungkin.

Tsai juga mengatakan kepada pemerintah untuk memberikan bantuan yang diperlukan, dan bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk meminimalkan dampak bencana.

Taiwan sering diguncang gempa bumi karena lokasinya di Cincin Api Pasifik, yang membentang di sekitar tepi Samudra Pasifik dan menyebabkan aktivitas seismik dan vulkanik besar-besaran dari Indonesia hingga Chile.

Badan Cuaca Pusat mengatakan gempa yang terjadi pada Rabu (3/4/2024) ini adalah yang terkuat yang melanda Taiwan sejak 1999, Gempa berkekuatan 7,7 skala richter itu melanda 93 mil (150 kilometer) selatan Taipei, menewaskan 2.400 orang dan melukai 10.000 lainnya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03