28 April 2024 - 20:24 20:24

Tak Masalah Rakyat Demo Hasil Pilpres 2024, Gibran: Yang Penting Tertib

WARTAPENANEWS.COM –   Cawapres 02 sekaligus Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mempersilakan kepada rakyat jika ingin melakukan aksi demo jelang penetapan hasil Pilpres 2024.

KPU hari ini, Rabu (20/3) akan menetapkan hasil rekapitulasi Pilpres dan Pileg 2024. Paslon 02 Prabowo-Gibran sejauh ini unggul dari paslon 01 Anies-Muhaimin dan paslon 03 Ganjar-Mahfud.

“Ya nggak papa,” kata Gibran di Balai Kota Solo.

Putra sulung Presiden Jokowi ini berpesan agar aksi demo berjalan dengan tertib sebagaimana ketentuan undang-undang.

“Yang penting (demo) berjalan tertib ya,” ujar Gibran.

Sebelumnya sejak H-3 penetapan hasil rekapitulasi Pilpres 2024, massa dari berbagai elemen melakukan aksi demo baik di depan KPU RI maupun DPR RI.

Massa aksi mengatasnamakan Koalisi Penyelamat Demokrasi dan Forum Pejuang Purnawirawan Indonesia berunjuk rasa di depan Kantor KPU pad Senin (18/3).

Mereka turut membawa spanduk besar bertuliskan “Tumbang & Adili Jokowi”. Selain itu, mereka juga turut membawa atribut-atribut lainnya seperti kentungan dan ikat kepala merah-putih.

Imbas dari adanya unjuk rasa tersebut, Jalan Imam Bonjol ditutup dan dipasangkan pembatas atau barrier kawat berduri.

Salah satu massa aksi, adalah eks Danjen Kopassus, Mayjen Purn Soenarko. Ia turut memberikan orasi dari atas mobil komando. Ia menuntut agar KPU menghentikan penghitungan suara.

“Mengingatkan kepada KPU agar menghentikan perhitungan suara curang. Untuk itu mereka harus mau diaudit forensik,” kata Soenarko di Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Senin (18/3).

Terakhir, massa demo di depan DPR pada Selasa (19/3). Mereka mendesak agar DPR segera merealisasikan hak angket kecurangan Pemilu 2024. Aksi demo itu sempat berakhir ricuh. Sejumlah orang diamankan polisi. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 April 2024 - 13:12
Lokasi Bunuh Diri Brigadir Ridhal di Mampang Didatangi Keluarga

WARTAPENANEWS.COM – Keluarga Brigadir Ridhal, anggota Polresta Manado yang ditemukan tewas dengan luka tembak di dalam mobil Alphard di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, mendatangi lokasi kejadian peristiwa. Brigadir Ridhal diduga

01
|
27 April 2024 - 12:36
Bule Australia yang Aniaya Sopir Taksi di Bali Dibekuk

WARTAPENANEWS.COM – Maika James Folauhola (24), warga negara (WN) Australia, ditangkap terkait kasus penganiayaan terhadap sopir taksi bernama Putu Arsana. Penganiayaan tersebut terjadi di Jalan Area Central Parkir Kuta, Kuta,

02
|
27 April 2024 - 12:10
BMKG: Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem Masih Mengintai di Peralihan Musim

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem yang masih bisa mengintai di periode peralihan musim hujan ke kemarau. BMKG memonitor masih terjadinya hujan

03