20 April 2024 - 07:05 7:05

Tak Perlu Panik, Seperti Ini Cara KCI Sterilkan KRL dari Corona

WartaPenaNews, Jakarta – PT Kereta Commuter Indonesia atau KCI mengimbau masyarakat untuk tidak panik dan tetap tenang sikapi wabah Covid-19 (corona). Sebagai salah satu moda transportasi massal, KCI menjamin setiap rangkaian Kereta Rel Listrik terjaga kebersihannya, serta aman untuk digunakan sampai saat ini.

Untuk membuktikan hal itu, jajaran KCI pun mengajak sejumlah awak media untuk melihat secara langsung proses sterilisasi rangkaian KRL yang telah selesai beroperasi pada Jumat malam, 14 Maret 2020.

Satu persatu rangkaian gerbong yang parkir di kawasan Dipo Depok itu menjalani proses pembersihan dengan cukup detail. Tak hanya menggunakan sabun, petugas juga melakukan penyemprotan dengan cairan disinfektan.

Dengan pakaian khusus, sejumlah petugas tampak cekatan melakukan pembersihan di setiap sudut dan aksesoris KRL. Tiang panyangga atau handle yang biasa digunakan untuk pegangan tangan penumpang pun tak luput dari pembersihan. Bahkan, setiap bangku yang ada di gerbong juga disterilkan hingga ke-bagian dalam.

Tak hanya itu saja, petugas juga membersihkan seluruh bagian luar hingga ke bagian mesin dan area ruang pengendali KRL (tempat masinis).

“Hari ini kita melihat ada penyemprotan sarana KRL yang sudah melakukan operasional untuk dilakukan pembersihan pencucian, ditambah penyemprotan disinfektan untuk pencegahan Covid-19,” kata Direktur Utama PT KCI, Wiwik Widayanti

Dirinya menjelaskan, sebenarnya hal ini (pembersihan) KRL adalah hal rutin yang dilakukan saat rangkaian kereta usai beroperasi.

“Sebenarnya untuk kereta-kereta yang sudah selesai beroperasi memang kita lakukan seperti ini pencuciannya, tapi dengan meningkatnya informasi-informasi tadi tentang penyebaran virus corona kita tingkatkan kebersihannya dan penyemprotan disinfektan.”

Baca Juga: Meski Corona Mengintai, Tiket KA Tetap Laris Manis

Wiwik menegaskan, bahwa KCI selalu mengutamakan keselamatan dan kenyamanan para penumpang, salah satunya dengan menjaga kebersihan kereta untuk mengantisipasi penyebaran virus. Kemudian, sejak 3 Februari 2020, PT KCI juga telah melakukan berbagai upaya edukasi untuk mencegah penyebaran virus corona.

“Hingga saat ini KCI telah memberikan edukasi cuci tangan yang benar, dan membagikan masker kepada pengguna di 36 stasiun,” katanya.

Selain itu, KCI juga menyediakan lebih dari 700 botol hand sanitizer untuk 88 rangkaian kereta dan 80 stasiun. “Kami juga telah lama menugaskan on trip cleaning yang membersihkan rangkaian kereta saat sedang beroperasi melayani pengguna,” ucap dia.

Wiwik menambahkan, pihaknya pun kerap memberikan materi edukasi dan imbauan di 88 rangkaian kereta dan 80 stasiun serta telah menyiapkan pos kesehatan di 30 stasiun KRL yang memberikan pertolongan pertama jika pengguna alami masalah kesehatan.

“Di pos ini, pengguna juga dapat mengukur suhu tubuh, mendapatkan masker, hingga obat-obatan. Bila tidak dapat ditangani, petugas kesehatan akan merujuk pengguna ke rumah sakit terdekat.”

PT KCI juga mewajibkan pegawai frontliner yang berinteraksi langsung dengan pelanggan untuk cek kesehatan, termasuk suhu tubuh sebelum berdinas. (mus)

Bagi para pengguna KRL, PT KCI juga mengimbau untuk:

Tidak meludah sembarangan di Stasiun maupun Kereta.
Menggunakan masker saat sedang sakit, batuk, pilek, maupun dalam masa penyembuhan.
Menjaga kebersihan, antara lain mencuci tangan dengan benar.
Memeriksakan diri ke pos kesehatan bila merasa kurang sehat.

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03