24 April 2024 - 20:40 20:40

Tangani Covid-19, Jokowi Diminta Rangkul JK

WartaPenaNews, Jakarta – Penyebaran wabah epidemi Corona Covid-19 di Tanah Air mengkhawatirkan karena sudah merenggut sedikitnya 157 orang meninggal dunia. Pemerintah diminta menambah figur pengalaman untuk turun tangan membantu mengatasi pencegahan Covid-19.

Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas menilai mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla sebagai figur tepat dan mumpuni untuk membantu pemerintah.

“Bukankah Pak JK Ketua PMI, ketua Dewan Masjid, pengusaha, dan mantan wapres. Jadi, pengalaman beliau dan kemampuan beliau tentu jelas sangat mumpuni,” ujar Anwar di Jakarta, Kamis, 2 April 2020.

Dia menjelaskan pandangannya karena figur JK pernah terlibat dalam penanganan bencana tsunami Aceh, krisis ekonomi 2008, juga gempa dan tsunami Palu 2018. Ia bilang JK selalu berbagi energi positif kepada masyarakat, termasuk diyakini bisa membantu menangani virus Covid-19.

Pun, Sosiolog Universitas Indonesia (UI) Imam Prasodjo menilai JK bisa ikut andil dalam membantu pemerintah menangani wabah Covid-19. “Semua harus bangkit, juga Pak JK. Kita enggak bisa mengandalkan pemerintah,” katanya.

Baca Juga: Hari Penyiaran Nasional Ke-87: KPI Serukan Kepedulian dan Solidaritas Sosial Melalui Penyiaran Dalam Melawan Pandemi

Dia mencontohkan negara lain yang sudah berdampak Covid-19 dalam menangani wabah penyakit yang disebabkan oleh Covid-19. Imam mencontohkan Amerika Serikat, Prancis, juga Jerman yang sama-sama berupaya melawan virus mematikan tersebut.

“Harusnya Indonesia punya kultur kerja sama, coba kita buktikan dalam era seperti ini,” jelasnya.

Lebih lanjut, Imam menambahkan, saat ini lembaga akar rumput lainnya juga harus digerakkan. Saat ini, menurut Imam, semua elemen masyarakat harus bekerja sama menangani wabah Covid-19 dan mengawasinya. “Pak JK tentu penting perannya karena siapapun bisa berbuat baik,” tuturnya.

Sebelumnya, Ketua Lembaga Pengkajian, Penelitian, dan Pengembangan Ekonomi (LP3E) KADIN Indonesia, Didik Junaedi Rachbini menyarankan JK diangkat menjadi penasehat Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo. Saran ini disampaikan di tengah penyebaran virus corona yang semakin meluas di tanah air.

Terkait itu, jumlah kasus positif terinfeksi virus Covid-19 di Tanah Air terus bertambah per Rabu, 1 April 2020 dengan mencapai 1.677 kasus. Dari jumlah itu, korban meninggal mencapai 157 jiwa dan sembuh 103 orang. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
24 April 2024 - 12:17
Imbas Tebak-tebakan ‘Hewan Mengaji’, TikToker Galih Loss Berakhir di Jeruji Besi

WARTAPENANEWS.COM -  Polda Metro Jaya menetapkan TikToker bernama Galih yang memiliki akun @Galihloss29 sebagai tersangka. Hal ini dilakukan buntut dari konten tebak-tebakan terkait 'hewan mengaji'. Galih ditangkap oleh Dittipidsiber Bareskrim

01
|
24 April 2024 - 11:16
Alyssa Soebandono Lahirkan Anak Perempuan

WARTAPENANEWS.COM - Alyssa Soebandono baru saja melahirkan anak ketiganya yang berjenis kelamin perempuan. Kehadiran anak ketiganya jelas disambut bahagia oleh istri Dude Harlino beserta keluarganya. Diketahui anak ketiga Alyssa dan

02
|
24 April 2024 - 10:15
Perkosa Perempuan ODGJ, Pria di Bandar Lampung Dibekuk Polisi

WARTAPENANEWS.COM - Seorang pria lansia nekat memperkosa perempuan pengidap gangguan jiwa atau orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di pinggir jalan. Pelaku berinisial MA (66) warga Gunung Agung, Kecamatan Tanjung Karang

03