29 March 2024 - 16:01 16:01

Tempat Tidur di RSD COVID-19 Wisma Atlet Tinggal 20 Persen

WartaPenaNews, Jakarta – Jumlah keterisian tempat tidur perawatan Rumah Sakit Darurat COVID-19 Wisma Atlet Jakarta sudah melebihi 80 persen akibat terus melonjaknya kasus COVID-19 dari hari ke hari. Ini artinya, tempat tidur di sana tinggal 20 persen.

“Di Wisma Atlet kapasitasnya sudah melebihi 80 persen per hari ini,” kata Komandan Lapangan RS Darurat COVID-19 Wisma Atlet Kol Laut (K) dr Tjahja Nurrobi dalam keterangannya pada bincang-bincang mengenai kesiapan rumah sakit yang dipantau di Jakarta, Jumat.

Dia mengungkapkan penambahan pasien kasus baru di RSDC Wisma Atlet pada Kamis (21/1) malam sebanyak 350 orang, sementara yang keluar atau telah berhasil pulih hanya 185 orang.

Untuk diketahui, saat ini RS Darurat COVID-19 Wisma Atlet sudah tidak lagi menampung pasien tanpa gejala dan mulai menyeleksi pasien yang dirawat dilihat berdasarkan tingkat keparahan gejala.

Tjahja mengatakan pihaknya sudah memprediksikan akan ada kenaikan jumlah kasus pascalibur panjang akir tahun yang berpengaruh pada peningkatan keterpakaian tempat tidur di RS Wisma Atlet.

Oleh karenanya sejak Desember 2020 RS Wisma Atlet telah menambah 90 ruang rawat menengah, 27 ruang HCU, dan 12 ruangan ICU untuk mengantisipasi lonjakan kasus. Namun apabila jumlah kasus positif COVID-19 semakin meningkat, Tjahja mengatakan akan melakukan penambahan ruangan rawat lebih banyak.

“Apabila kasus terus meningkat, kita akan menyiapkan Wisma Atlet Pademanagan di Tower 8, 9, dan 10,” kata Tjahja. Dia menyebut perlengakapan peralatan untuk ruang perawatan termasuk HCU dan ICU pun sudah disiapkan untuk gedung Wisma Atlet Pademangan.

Untuk saat ini jumlah personil yang bertugas di RS Darurat COVID-19 Wisma Atlet sebanyak 2.600 orang dengan rincian 2.300 tenaga kesehatan dan 300 orang tenaga nonkesehatan.

Tjahja menyebut SDM kesehatan merupakan salah satu yang diwaspadai mengingat ketersediaan dan keterbatasan personil yang ada. “Tenaga kesehatan kita tetap minta ke Kementerian Kesehatan untuk menambah. Akan tetap kita tingkatkan sesuai dengan jumlah peningkatan kasus,” kata Tjahja.

Dia juga mengatakan sebagian besar tenaga kesehatan yang bertugas di RSDC Wisma Atlet sudah divaksinasi. Tjahja menyebut hingga tiga minggu ke depan vaksinasi akan terus dilakukan kepada tenaga kesehatan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. (wsa)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03