Tentara China Jadi Kelinci Percobaan Vaksin Corona

oleh -
Pemerintah China telah menyetujui penggunaan vaksin uji klinis Covid-19 untuk disuntikkan kepada personel militer mereka. Foto: AP

WartaPenaNews, Beijing – Militer China akan menjadi kelinci percobaan vaksin corona yang baru saja mereka temukan. Penggunaan militer sebagai alat uji coba ini telah mendapatkan persetujuan pemerintah China.

Vaksin itu bernama Ad5-nCoV. Vaksin ini dikembangkan oleh Institut Bioteknologi Beijing dan perusahaan vaksin CanSino Biologics. Institute Bioteknologi Beijing adalah bagian dari Akademi Ilmu Kedokteran Militer Pemerintah China yang sangat terkenal.

Dalam sebuah pernyataan kepada Bursa Efek Hong Kong pada Senin (29/6), CanSino mengumumkan bahwa Komisi Militer Pusat China telah menyetujui penggunaan vaksin sebagai obat khusus yang dibutuhkan militer pada 25 Juni.

Izin khusus itu akan berlangsung selama satu tahun dan hanya akan berlaku untuk personel miter.

Dilansir dariĀ CNN, China berulang kali menegaskan bahwa militernya tidak terpengaruh pandemi, para pejabat mengklaim Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) belum mencatat satu pun kasus virus corona.

CanSino menyatakan, uji klinis vaksin ini menunjukkan ‘profil keamanan yang baik’. Hasil awal uji coba menunjukkan bahwa Ad5-nCoV berpotensi mencegah penyakit yang disebabkan SARS-CoV-2 atau jenis virus corona penyebab Covid-19.

Selain China, pada Mei lalu pemerintah Kanada juga mengizinkan uji coba vaksin Ad5-nCoV kepada manusia. “Calon vaksin ini memegang potensi besar (keberhasilan),” kata presiden Dewan Riset Nasional Kanada, Iain Stewart dalam sebuah pernyataan saat itu.

WHO menyebut saat ini setidaknya ada 17 vaksin sedang dalam evaluasi klinis di seluruh dunia. Dari jumlah itu, delapan vaksin di antaranya sedang dikembangkan di China.(wsa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *