20 May 2024 - 00:55 0:55

Terbukti, Popularitas Jokowi-Prabowo Kalah dari K-pop di 2018

WartaPenaNews, Jakarta – Di penghujung 2018 lalu, Twitter mengumumkan topik-topik perbincangan yang paling menarik di platform-nya. Lewat gelaran tahunan bertajuk #RameDiTwitter, media sosial itu mengungkap sejumlah topik yang populer selama 2018.

Acara #RameDiTwitter sendiri merupakan program tahunan Twitter dalam menganalisis linimasa. Dari sana terbaca soal apa yang menjadi topik paling menarik di Twitter. Mulai dari hiburan, olahraga, politik, dan joke ringan ramai dibicarakan di Twitter.

Menurut Country Head Twitter Indonesia dan Malaysia Dwi Adriansah, konten seperti ini sangat membuat Twitter hidup di Indonesia. “Twitter di Indonesia banyak digunakan untuk mencari informasi yang tengah hangat dibicarakan. Semua topik ada di Twitter,” imbuhnya.

Dari data yang diungkap Twitter, ada 10 topik teratas yang ditandai dengan tagar atau hashtag (#) ramai dibicarakan di Twitter Indonesia selama 2018. Di antaranya, mulai dari boy band asal Korea Selatan BTS yang menjadi pemuncak hingga topik soal Jokowi dan Prabowo dengan #2019TetapJokowi dan #2019PrabowoSandi pun ada.

Dari data tersebut, di bawah posisi BTS masih diisi oleh grup vokal asal Korsel lainnya, yakni EXO di posisi kedua. Posisi ketiga ada #AsianGames2018, keempat #WorldCup, kelima #2019TetapJokowi, keenam #2019PrabowoSandi, ketujuh hingga terakhir ada #JumatBerkah, #RecehkanTwitter, #PersijaDay, dan #SambutRamadhan.

Terkait dengan tahun politik, pihak Twitter mengaku bahwa mereka telah melakukan serangkaian upaya untuk menjaga platform mereka tetap sehat. Klaim mereka, hingga saat ini sebanyak 70 juta akun palsu di seluruh dunia termasuk di Indonesia dikatakan telah dinonaktifkan.

Dwi Adriansah menyebut bahwa Twitter beda dengan platform lain. Twitter kini menjadi representasi dari suara pengguna. “Bukan look at me. But look at this,” jelasnya.

Dia mengakui bahwa topik soal politik memang tinggi di Twitter. Namun soal entertainment dan sport dikatakan jauh lebih tinggi. “K-pop menjadi topik yang paling tinggi di Indonesia. Bahkan dibandingkan dengan pengguna global, topik soal K-pop di Indonesia justru lebih tinggi,” pungkasnya.

Menarik untuk ditunggu topik apa yang bakal populer di tahun ini. (dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
18 May 2024 - 12:19
Sosok Ayah Pacar Vina Cirebon Ternyata Seorang Perwira Polisi

WARTAPENANEWS.COM –  Ternyata sosok ayah pacar Vina Cirebon yang tewas dibunuh seorang Perwira Polisi. Diketahui, kasus Vina kembali jadi perhatian masyarakat setelah diangkat ke layar lebar pada 2024 dengan judul

01
|
18 May 2024 - 11:17
Gegara Perang Gaza, Ada Perpecahan Dalam Kabinet Israel

WARTAPENANEWS.COM –  Satu demi satu perpecahan dalam kabinet Israel terkait perang di Gaza mulai terungkap. Menteri Pertahanan Yoav Gallant secara terbuka menuntut strategi yang jelas dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu,

02
|
18 May 2024 - 10:15
Pejabat Kemenhub yang Buat Sumpah Sambil Injak Al-Quran, Dilaporkan ke Polisi

WARTAPENANEWS.COM – Pejabat Kementerian Perhubungan bernama Asep Kosasih dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan penistaan agama. Laporan itu dibuat berdasarkan sebuah video viral yang menampilkan Asep sedang melakukan sumpah

03