29 March 2024 - 20:42 20:42

Terbukti, Popularitas Jokowi-Prabowo Kalah dari K-pop di 2018

WartaPenaNews, Jakarta – Di penghujung 2018 lalu, Twitter mengumumkan topik-topik perbincangan yang paling menarik di platform-nya. Lewat gelaran tahunan bertajuk #RameDiTwitter, media sosial itu mengungkap sejumlah topik yang populer selama 2018.

Acara #RameDiTwitter sendiri merupakan program tahunan Twitter dalam menganalisis linimasa. Dari sana terbaca soal apa yang menjadi topik paling menarik di Twitter. Mulai dari hiburan, olahraga, politik, dan joke ringan ramai dibicarakan di Twitter.

Menurut Country Head Twitter Indonesia dan Malaysia Dwi Adriansah, konten seperti ini sangat membuat Twitter hidup di Indonesia. “Twitter di Indonesia banyak digunakan untuk mencari informasi yang tengah hangat dibicarakan. Semua topik ada di Twitter,” imbuhnya.

Dari data yang diungkap Twitter, ada 10 topik teratas yang ditandai dengan tagar atau hashtag (#) ramai dibicarakan di Twitter Indonesia selama 2018. Di antaranya, mulai dari boy band asal Korea Selatan BTS yang menjadi pemuncak hingga topik soal Jokowi dan Prabowo dengan #2019TetapJokowi dan #2019PrabowoSandi pun ada.

Dari data tersebut, di bawah posisi BTS masih diisi oleh grup vokal asal Korsel lainnya, yakni EXO di posisi kedua. Posisi ketiga ada #AsianGames2018, keempat #WorldCup, kelima #2019TetapJokowi, keenam #2019PrabowoSandi, ketujuh hingga terakhir ada #JumatBerkah, #RecehkanTwitter, #PersijaDay, dan #SambutRamadhan.

Terkait dengan tahun politik, pihak Twitter mengaku bahwa mereka telah melakukan serangkaian upaya untuk menjaga platform mereka tetap sehat. Klaim mereka, hingga saat ini sebanyak 70 juta akun palsu di seluruh dunia termasuk di Indonesia dikatakan telah dinonaktifkan.

Dwi Adriansah menyebut bahwa Twitter beda dengan platform lain. Twitter kini menjadi representasi dari suara pengguna. “Bukan look at me. But look at this,” jelasnya.

Dia mengakui bahwa topik soal politik memang tinggi di Twitter. Namun soal entertainment dan sport dikatakan jauh lebih tinggi. “K-pop menjadi topik yang paling tinggi di Indonesia. Bahkan dibandingkan dengan pengguna global, topik soal K-pop di Indonesia justru lebih tinggi,” pungkasnya.

Menarik untuk ditunggu topik apa yang bakal populer di tahun ini. (dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03