29 April 2024 - 16:58 16:58

Terkait Suap Gubernur Malut, KPK Panggil Direktur Hilirisasi Mineral & Batu Bara

WARTAPENANEWS.COM –  KPK memanggil Hasim Daengbarang, Direktur Hilirisasi bidang Mineral dan Batubara Kementerian Investasi/BKPM, terkait dugaan suap proyek di Pemprov Maluku Utara (Malut). Dia dipanggil dalam kapasitasnya sebagai saksi.

Hasim dipanggil bersama tiga saksi lain: Fitra Madjid, PNS Dinas PUPR; Rizal, PNS Dinas PUPR; dan Ferdinand Siagian selaku Kepala Seksi Keterpaduan Pembangunan Infrastruktur Jalan.

Keempat saksi ini diperiksa di Gedung Merah Putih KPK hari ini, Rabu (24/1). Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri tidak membeberkan keterangan apa yang akan digali dari Hasim dkk.

Ali juga tak menyebut keterkaitan Hasim dalam kasus ini. Dia hanya mengatakan, para saksi dipanggil untuk tersangka Abdul Gani Kasuba, Gubernur Malut.

“Penyidikan perkara dugaan suap pengadaan dan perizinan proyek di Pemprov Maluku Utara dengan tersangka AGK [Gani] dkk,” kata Ali dalam keterangan tertulisnya, Rabu (24/1).

KPK menjerat Abdul Gani sebagai tersangka usai terkena OTT beberapa waktu lalu. Dia diduga menerima suap terkait pengaturan proyek. Diduga ada pemberian fee sebagai imbalan pemenang proyek yang sudah ditentukan pemenangnya.

Dugaan awal suap yang diterima Gani mencapai Rp 2,2 miliar. Gani Kasuba dijerat sebagai penerima suap bersama Ridwan Arsan selaku Kepala Badan Pengadaan Barang dan Jasa serta Ramadhan Ibrahim sebagai orang kepercayaan Gani.

Adapun tersangka pemberi adalah: Stevi Thomas (swasta), Adnan Hasanudin (Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman), Daud Ismail (Kepala Dinas PUPR), dan Kristian Wuisan (swasta). (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 April 2024 - 12:13
Polisi Selidiki soal Pelat BMW Emas Milik Pelaku Pembunuhan Remaja Open BO

WARTAPENANEWS.COM – Baru-baru ini, beredar sebuah foto di media sosial yang memperlihatkan mobil BMW berwarna emas milik Arif Nugroho, pelaku yang mencekoki remaja 16 tahun hingga tewas di sebuah hotel

01
|
29 April 2024 - 11:19
Ayah di Jambi Cabuli Anak Kandungnya Berkali-kali

WARTAPENANEWS.COM – Seorang ayah di Desa Mekar Limau Manis, Kecamatan Tabir Ilir, Kabupaten Merangin, Jambi hampir menjadi bulan-bulanan tetangganya, jika tidak cepat diamankan ke kantor polisi oleh anggota Bhabinkamtibmas Aipda

02
|
29 April 2024 - 10:09
Daratan Selatan AS Diterjang Angin Puting Beliung

WARTAPENANEWS.COM – Puluhan angin puting beliung melanda daratan selatan Amerika Serikat, akhir pekan kemarin. Setidaknya empat orang tewas, termasuk seorang bayi berusia empat bulan, di Negara Bagian Oklahoma. Selain itu,

03