29 March 2024 - 13:03 13:03

Terserang COVID-19, Mantan Wagub Sumbar Nasrul Abit Tutup Usia

nasrul abit

WartaPenaNews, Padang – Wakil Gubernur Sumatera Barat periode 2016-2021 Nasrul Abit meninggal dunia akibat COVID-19 setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Pusat M Djamil Padang pada Sabtu dini hari.

Almarhum mengembuskan napas terakhir pada Sabtu pukul 01.39 WIB di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang setelah hampir sepekan dirawat.

Menurut Kepala Dinas Kominfo Sumbar yang juga Jubir Satgas COVID-19 Jasman Rizal di Padang, Sabtu, jenazah almarhum berdasarkan informasi dari keluarga akan dimakamkan selepas Dzuhur di Labuhan Tanjak, Air Haji Kecamatan Sari Linggo Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar.

Sebelumnya Direktur Umum RSUP D Djamil Padang Dr Dovy menyampaikan Nasrul diawasi secara ketat oleh tenaga kesehatan dan telah dibentuk tim khusus untuk memantau perkembangannya.

Pejabat Pemberi Informasi dan Dokumentasi RSUP DR M Djamil, Gustavianof mengatakan Nasrul dirawat di ruangan Tulip ICU yang digunakan khusus untuk penanganan pasien COVID-19 sejak Minggu.

Ruangan perawatan wakil gubernur Sumbar periode 2016-2021 itu menurutnya, steril dan tidak boleh dimasuki selain petugas. Dia memastikan perawatan Nasrul Abit dilakukan sesuai standar rumah sakit dalam melayani pasien COVID-19.

Perjalanan karir Nasrul Abit terpilih menjadi Wakil Gubernur Sumbar mendampingi Irwan Prayitno pada periode 2016-2021.

Sebelumnya ia menjabat sebagai Bupati Pesisir Selatan dua periode pada 2005-2015 dan menjabat Wakil Bupati Pesisir Selatan 2000-2005.

Nasrul mengawali karir sebagai birokrat di Lampung sebagai Staf Subag Umum Kanwil Depkes Lampung pada 1977. Ia pun pernah menjabat Kabag Tata Usaha Kanwil Depkes Lampung pada 1999—2000 sebelum akhirnya pulang kampung menjadi wakil bupati.

Di dunia politik Nasrul pernah menjabat sebagai Ketua DPD Gerindra Sumbar 2017-2019. Pada Pilkada Gubernur Sumbar 2020 Nasrul maju sebagai Calon Gubernur Sumbar berpasangan dengan Indra Catri.

Gubernur Sumbar Mahyeldi menilai, semasa hidupnya almarhum berjasa besar dalam membangun Sumatera Barat.

“Mari kita doakan semoga almarhum husnul khotimah, amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan keikhlasan,” kata dia

Asisten Ombudsman perwakilan Sumbar Adel Wahidi menilai Nasrul merupakan sosok yang baik karena selalu membalas pesan terkait dengan urusan pekerjaan. (wsa)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 08:35
Polisi Bakal Periksa Bos yang Izinkan Sopir Truk di Bawah Umur hingga Celaka di Halim

WARTAPENANEWS.COM - Polda Metro Jaya mengaku akan mendalami sosok bos yang memperkerjakan MI (17), sopir truk yang terlibat dalam kecelakaan beruntun di gerbang Tol Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Kabid Humas

01
|
29 March 2024 - 08:13
Lurah di DIY Ingin Lurah 2 Periode Bisa Maju Lagi

WARTAPENANEWS.COM - Paguyuban Lurah dan Pamong Kalurahan se-Daerah Istimewa Yogyakarta, Nayantaka, menyambut baik pengesahan Revisi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, di mana ada perubahan masa jabatan lurah dari

02
|
29 March 2024 - 07:29
Diduga Kasus Pelecehan Seksual, Mantan Ketua DPD PSI Jakbar Dipolisikan

WARTAPENANEWS.COM - Mantan Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jakarta Barat (Jakbar) ANL dipolisikan atas dugaan pelecehan seksual, oleh seorang wanita berinisial W (29). Laporan dilakukan di Polda Metro Jaya

03