6 May 2024 - 16:40 16:40

Tiap Harinya Ridwan Kamil Naikan Kapasitas Vaksinasi di Jabar

WartaPenaNews, Jabar – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menaikan jangakauan untuk vaksinasi COVID-19 di 27 kabupaten/ kota. Ia memproyeksikan dapat dilakukan per hari mencapai 400 ribu. Target ini naik dua kali lipat dari yang sebelumnya, 140 ribu.

Menurutnya, kenaikan kapasitas ini untuk merealisasikan target kekebalan kelompok atau herd immunity di Jawa Barat di akhir tahun 2021.

“Kecepatan kami di awal hanya 50 ribu perhari sekarang naik 140 ribu per hari. Tapi tetap tidak cukup kalau mengejar Desember, kalau harus berhasil sesuai target maksimal vaksinasi harus 400 ribu per hari,” ujar Ridwan Kamil di Bandung, Senin 9 Agustus 2021.

Ridwan Kamil menerangkan, kapasitas Pemprov Jawa Barat memvaksinasi dengan kuota vaksin 9 juta dosis yang sudah disebar hanya mampu menjangkau 60 persen.

“Terhadap jumlah penduduk kami yang hampir 50 juta maka masih kecil, kesanggupan infrastruktur Jawa Barat hanya 60 persen, 40 persennya kami mohon bantuan semu pihak,” katanya.

Bantu Percepat Vaksinasi

Jawa Barat memproyeksikan kekebalan kelompok dengan vaksinasi massal dengan target sasaran penerima vaksin 70-80 persen dari jumlah populasi atau sekitar 37 juta jiwa. DPD PDI Perjuangan Jawa Barat turun tangan untuk mempercepat realisasi itu dengan target 30 ribu warga Jawa Barat dari berbagai kategori usia mendapat vaksin.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Ono Surono menjelaskan, vaksinasi massal ini merupakan tanggungjawab bersama sekaligus gotong royong membantu pemerintah.

“Bung Karno pada 1 Juni 1945 menyampaikan pidatonya yakni Gotong Royong adalah membanting tulang bersama, memeras keringat bersama, perjuangan bantu membantu bersama buat kepentingan bersama, keringat semua untuk kebahagian semua. Kegiatan ini merupakan gotong royong Pancasila dalam tindakan nyata,” katanya.

Pada vaksinasi hari ini, DPD PDI Perjuangan Jawa Barat mengagendakan 1,500 vaksinasi dosis pertama secara bertahap. Sedangkan untuk 27 Kabupaten Kota mengagendakan vaksinasi massal untuk 1,000 penerima.

“Target DPD hari ini 1,500 secara bertahap. Banyak keluhan ke DPD belum divaksin. Di DPC yang sudah berjalan itu di Cianjur, kota bogor, Depok, Tasikmalaya, Tasikmalaya, Sumedang, Bandung, Bekasi, Cirebon,” terang Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ketut Sustiawan.

Ketut memastikan vaksinasi di masing – masing tengah berlangsung karena perkembangan kasus positif COVID-19 masih meningkat. Target per DPC seribu, kita mentargetkan di seluruh Jawa Barat ini bisa 30 ribu,” katanya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
6 May 2024 - 12:17
Rafah Diserang Israel, 19 Warga Gaza Tewas

WARTAPENANEWS.COM – Israel menyerang Rafah di selatan Gaza pada Minggu (5/5). Aksi Israel adalah tindakan balas dendam atas serangan roket sayap militer Hamas yang menewaskan tiga tentara IDF. Menurut pejabat

01
|
6 May 2024 - 11:14
Pagi Tadi, Gunung Semeru Kembali Erupsi

WARTAPENANEWS.COM – Gunung Semeru yang terletak di Lumajang "batuk" pagi ini, Senin (6/5). Gunung tersebut memuntahkan kolom abu setinggi 700 meter dari atas puncaknya. "Terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari

02
|
6 May 2024 - 10:16
Ada Tumpahan Oli, Jalan Juanda Depok Macet Parah

WARTAPENANEWS.COM – Jalan Juanda dari arah Cisalak ke arah Margonda, Depok, macet parah tadi pagi, Senin (6/5) sekitar pukul 08.00 WIB. Ada tumpahan oli jalan dekat Pesona Square Mal. Pantauan

03