29 March 2024 - 05:43 5:43

Tiba di Borobudur, Rombongan Biksu Thudong Disambut Ritual Cuci Kaki

wartapenanews.com –   Rombongan biksu thudong yang melakukan jalan kaki dari Thailand, Malaysia, Singapura, dan Indonesia akhirnya finish di kawasan Borobudur Kabupaten Magelang, tepatnya di Pusdiklat Catra Jinadhammo di Desa Borobudur.

Para biksu thudong memasuki Pusdiklat Catra Jinadhammo pada Rabu (31/5/2023) sore diterima Camat Borobudur Subiyanto dan Kapolresta Magelang Kombes Rurus Wicaksono serta Kapolres Magelang Kota yang ikut berjalan kaki dari Mapolresta Magelang.

Camat Borobudur Subiyanto mengucapkan selamat datang kepada para biksu thudong di bumi Borobudur.

“Kami mengucapkan terima kasih para biksu untuk singgah di sini, semoga keberkahan melimpah di bumi Borobudur ini,” katanya.

Ia menyampaikan semangat keikhlasan, semangat untuk menyelesaikan perjalanan jauh sekitar 2.650 kilometer dari Thailand ke Borobudur merupakan perjalanan penuh ketabahan.

“Mudah-mudahan semangat itu menjalar pada kita semua. Kami berharap apa yang sudah kita saksikan bersama bahwa di Indonesia, di Borobudur ini adalah saling menghormati antarsesama ataupun agama yang berbeda,” katanya.

Ia menuturkan apa yang menjadi peristiwa hari ini merupakan gambaran Indonesia kecil di mana semua adalah sama, meskipun berbeda suku, agama, semua tetap satu. Satu makhluk Tuhan yang mempunyai jiwa untuk saling membantu, saling memberikan kesejahteraan.

Ketua Thudong Internasional Welly Widadi menyampaikan terima kasih sudah kepada semua pihak bahwa rombongan biksu thudong sudah sampai finish hari ini dengan selamat.

“Ini adalah perjuangan yang tidak mudah, para biksu ini begitu luar biasa dan kesehatannya pun masih terjaga dengan baik. Terima kasih kepada pengurus pusdiklat ini yang telah menerima para biksu untuk bermalam di sini selama empat hari ke depan,” katanya.

Ia menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Panglima Laskar Abu Macan Ali, Prabudias yang selama ini dengan susah payah sudah mengawal para biksu mulai dari Thailand, Malaysia, Singapura, sampai ke Indonesia.

“Beliau ini seorang Muslim tetapi toleransinya luar biasa, beliau ini sangat menjaga dan mengawal biksu jangan sampai tersentuh siapa pun, beliau benar-benar bertanggung jawab menjaga para biksu ini untuk bisa selamat sampai Candi Borobudur,” katanya.

Rencananya rombongan biksu thudong akan diterima jajaran manajemen PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC) di kompleks Candi Borobudur pada Kamis (1/6/2023). (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03