3 May 2024 - 12:24 12:24

Tidak Dianjurkan untuk Digunakan Setiap Hari, Kapan Sebaiknya Pakai Pantyliner?

WartaPenaNews, Jakarta - Pantyliner ialah produk kewanitaan berupa mirip pembalut, tetapi dengan ukuran yang lebih kecil. Bedanya, daya serap dan tampung dari pantyliner condong lebih dikit dan tidak sekitar pembalut. Sebelum menggunakannya, Anda harus tahu jika pantyliner tidak baik untuk digunakan setiap hari. Lalu, kapan waktu baik untuk gunakan pantyliner?

Pantyliner tidak dianjurkan untuk digunakan setiap hari
pembalut yang aman
Ada berbagai alasan yang membuat tidak dikit wanita lebih pilih untuk gunakan pantyliner daripada pembalut. Ini biasanya karena sedang mengalami cairan vagina berlebihan, yang membuat celana dalam lembap dan berasa risi saat digunakan.

Pemakaian pantyliner lebih diambil karena ukurannya yang kecil dan setidaknya bisa menolong menyerap cairan vagina. Sesaat penggunaan pembalut, di rasa terlalu besar karena produksi cairan vagina tidak sekitar darah menstruasi.

Langkah berikut bisa membuat cairan vagina tertampung di pantyliner. Dengan demikian, celana dalam tetap nyaman saat digunakan. Walau maksudnya baik, tetapi Anda tidak anjurkan gunakan pantyliner teratur setiap hari.

Masalahnya pantyliner tidak dibuat untuk menyerap dan menyalurkan udara seperti yang dilakukan oleh celana dalam. Sisi atas pantyliner memang terbuat dari kapas atau katun sintetis, tetapi sisi bawah yang ditempelkan ke pakaian dalam berasal dari plastik.

Itu penyebabnya, gunakan pantyliner tidak dapat menyerap keringat dan menyalurkan udara buat vagina untuk bernapas. Ini bisa membuat vagina jadi lembap yang merupakan tempat baik buat perubahan bakteri dan jamur.

Akhirnya, Anda beresiko mengalami infeksi di ruang kewanitaan. Di lain sisi, pantyliner biasanya terbuat dari kapas atau katun sintetis yang tidak seutuhnya lembut.

Buat beberapa wanita yang kulit di ruang kewanitaannya benar-benar peka, gunakan pantyliner justru bisa memunculkan gesekan berlebihan. Mengakibatkan, kulit vulva atau sisi luar vagina mengalami peradangan, iritasi, dan membuat tidak nyaman.

Kapan waktu yang tepat untuk gunakan pantyliner?
keputihan sebelum haid
Pantyliner memang tidak disarankan untuk digunakan setiap hari. Tetapi, bukan bermakna Anda tidak bisa gunakan pantyliner benar-benar.

Dalam beberapa keadaan tersendiri, pantyliner bisa digunakan jika di rasa bisa membuat ruang kewanitaan bertambah nyaman.

1. Keputihan dalam jumlahnya banyak
Saat keputihan atau cairan vagina Anda sedang banyak-banyaknya, gunakan pantyliner dapat jadi solusi yang tepat. Keadaan ini biasanya terjadi saat ovulasi alias waktu subur.

Anda dapat menggunakan pantyliner untuk menolong menyerap keputihan berlebihan itu, hingga menolong jaga vagina tetap lembap dan nyaman.

2. Sebelum dan sesudah menstruasi
Umumnya selama beberapa waktu sebelum dan setelah menstruasi, vagina akan keluarkan flek. Flek berwarna cokelat atau kemerahan bisa jadi pertanda jika menstruasi akan hadir, atau menstruasi sudah usai dan berhenti secara perlahan-lahan.

Daripada menggunakan pembalut yang ukurannya terlalu besar untuk menyimpan flek, Anda dapat gunakan pantyliner sebagai alternatifnya. Tidak hanya menolong menyimpan flek, gunakan pantyliner dapat juga melindungi celana dalam dari bercak noda.

3. Menahan inkontinensia urin
Inkontinensia urin ialah keadaan saat badan susah mengatur keinginan untuk buang air kecil. Bila Anda memiliki keadaan ini, gunakan pantyliner dapat menolong menahan keluarnya urin yang tidak tertahankan.

Jadi, urin yang keluar tidak akan langsung membasahi celana dalam, tetapi diserap terlebih dulu oleh pantyliner.

Lihat waktu baik gunakan pantyliner
ubah pembalut
Di satu bagian, pantyliner memang tidak disarankan untuk digunakan teratur setiap hari. Tetapi di lain sisi, dalam sekian waktu tersendiri, gunakan pantyliner dapat jadi pilihan paling baik untuk memudahkan aktivitas harian Anda.

Nah, sama seperti seperti penggunaan pembalut yang tidak bisa seharian penuh, pantyliner demikian. Agar lebih aman dan nyaman, Anda dianjurkan untuk ganti pantyliner paling tidak setiap 4 jam sekali.

Usahakan untuk menggunakan celana dalam yang terbuat berbahan katun. Maksudnya supaya saluran udara di ruang kewanitaan tetap terbangun, dan menahan vagina berkeringat dan lembap.  (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
3 May 2024 - 09:14
Hujan Lebat di Brasil, 10 Ribu Warga Mengungsi dan 29 Orang Tewas

WARTAPENANEWS.COM –  Presiden Brasil, Luiz Inacio Lula da Silva, menyebut hujan lebat telah menyebabkan banjir dan tanah longsor di bagian selatan negara itu. Akibat bencana alam ini, setidaknya 29 orang

01
|
3 May 2024 - 08:32
Usai Ditabrak Pria yang Mengaku Polisi, Dua Warga Bogor Tewas

WARTAPENANEWS.COM – Dua warga Bogor bernama Diva Maulana Akbar dan Siti Mardiana tewas usai ditabrak pria mengaku polisi di area Stadion Pakansari, Cibinong, Jumat, 10 November 2023 lalu. Kasus ini

02
|
3 May 2024 - 08:09
Waspada, Indonesia Bakal Dilanda Hujan Badai

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG memprakirakan, hujan disertai petir akan melanda sebagian wilayah Indonesia. Pengendara motor harus lebih waspada ketika terjadi hujan badai. Seperti diketahui, sepeda

03