Tidak Semua Jenis Puding Bisa Atasi Sembelit, Ini Penjelasannya

oleh -
Ilustrasi Puding Sutra Foto: Pinterest

WartaPenaNews, Jakarta – Siapa yang bisa menolak kelezatan puding? Rasanya yang manis, kenyal dan menyegarkan, membuat kita enggak mau berhenti menyantapnya. Makanan satu ini paling pas disantap sebagi dessert atau hidangan penutup.

Tapi, tahukah kamu, selain lezat, ternyata puding juga bisa mengatasi sembelit lho. Namun, tidak semua jenis puding bisa dijadikan obat untuk mengatasi masalah pencernaan tersebut. Lalu, jenis puding seperti apa yang bisa mengatasi sembelit?

“Di Indonesia itu biasanya kalau kita mau bikin puding, itu ada yang terbuat dari agar. Agar ini dibikin dari rumput laut, tinggi serat. Nah, tentu saja dengan serat yang tinggi dia akan mengatasi sembelit,” ujar spesialis gizi klinik, Dr. Ngesti Mulyanah M.Gizi SpGK.

Kemudian jenis kedua adalah jelly. Jelly ini biasanya memiliki tekstur lebih kenyal, yang terbuat dari serbuk konnyaku. Menurut Ngesti, konnyaku ini sama seperti bahan dasar shirataki.

“Dia umbi-umbian, kalau di Indonesia itu disebut iles-iles. Kandungan seratnya juga banyak kalau untuk konnyaku ini, sehingga bisa juga untuk mengatasi sembelit,” tutur dia.

Tapi, Ngesti mengatakan ada juga jenis puding yang terbuat dari gelatin. Berbeda dari dua jenis sebelumnya yang terbuat dari tumbuhan, gelatin ini bahan dasarnya adalah tulang sapi. Bahkan, ada yang tidak halal karena terbuat dari tulang babi.

“Kalau pudingnya yang berasal dari gelatin, memang enggak ada kandungan seratnya. Sehingga enggak bisa mengatasi sembelit,” kata dia.

Lalu, bagaimana cara membedakan puding yang terbuat dari agar-agar, jelly dan gelatin? Apakah terlihat dari teksturnya, atau kita bisa merasakan dari rasanya?

“Biasanya kalau yang dibikin dari gelatin itu seperti panna cotta. Biasanya teksturnya lebih lembut dan tidak terlalu keras, kaya silk puding. Sementara kalau dari agar-agar dia lebih kenyal. Kalau dari konnyaku dia kenyal-kenyal,” kata Ngesti. (mus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *