3 May 2024 - 20:50 20:50

Tim SAR Lakukan Pencarian Kapal Ikan yang Dikabarkan Hanyut di Perairan Haltim

wartapenanews.com – Kapal ikan KM Inka Mina 285 yang beroperasi di perairan Maluku Utara (Malut) dikabarkan hanyut di antara perairan Halmahera Timur dan Pulau Morotai.

Karena itu, Tim SAR gabungan yang terdiri dari Sat Polairud Polres Halmahera Utara, Marnit Tobelo, dan Basarnas saat ini melakukan pencarian kapal tersebut.

Informasi yang diterima cermat, Toyo, pengurus KM Inka Mina 285 mendapat informasi via telepon dari kapten kapal bahwa kapal itu mengalami kerusakan mesin sehingga hanyut di perairan antara Haltim dan Pulau Morotai.

Setelah mendapat laporan tersebut, Toyo langsung mendatangi piket fungsi Satpolair dan diteruskan ke Kasat Polair Polres Halut untuk ditindaklanjuti.

“Pak Toyo yang melapor sejak Jumat (22/7) pukul 17.30 WIT. Dia mendapat laporan dari kapten kapal KM Inka Mina 285,” ujar Kasat Polair Polres Halut, M Thoha Alhadar, Sabtu (23/7).

Menindaklanjuti informasi tersebut, kata Thoha, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Danpos Basarnas Tobelo dan Morotai untuk melakukan giat SAR laut pencarian dan pertolongan KM Inka Mina 285 yang mengalami kerusakan mesin.

“Jam 6 pagi kami langsung melakukan koordinasi dengan Pak Toyo untuk memastikan posisi terakhir kapal di saat mengalami mati mesin guna menentukan metode SAR pencarian dan pertolongan,” jelas Thoha.

Setelah melakukan koordinasi, tim SAR diberangkatkan menggunakan armada KM Inka Mina 780 guna melakukan evakuasi para crew kapal KM Inka Mina 285.

“Pada pukul 21.30 WIT, unsur SAR Halut yang terdiri dari Basarnas Tobelo, Sat Polairud Res Halut dan Marnit Polairud Tobelo, berangkat melaksanakan giat SAR pencarian dan pertolongan,” pungkasnya.

Mantan Kapolsek Maba ini juga menambahkan, saat ini cuaca laut Halmahera sedikit gelombang dan berarus, juga disertai angin sehingga sedikit kendala di TKP.

“Selain cuaca, juga kendala komunikasi via HP yang terputus karena tidak ada signal. Namun diupayakan komunikasi via radio kapal. Dan sampai saat ini masih dilakukan pencarian,” tandasnya.(mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
3 May 2024 - 12:20
Ria Ricis Resmi Menjanda

WARTAPENANEWS.COM – YouTuber Ria Ricis resmi menyandang status janda setelah melewati sidang cerai selama 4 bulan. Pengadilan Agama Jakarta Selatan memutus cerai pernikahannya dengan Teuku Ryan, pada 2 Maret 2024.

01
|
3 May 2024 - 11:17
Desa di Aceh Singkil Diterjang Banjir Bandang

WARTAPENANEWS.COM –  Banjir bandang menerjang Desa Lae Bangun, Kecamatan Suro Makmur, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh. Sumber video yang beredar di media sosial Facebook dan grup Whatsapp, banjir bandang itu terjadi

02
|
3 May 2024 - 10:06
Suami Biadab, Aniaya Istri yang Sedang Hamil 4 Bulan hingga Dibacok Celurit

WARTAPENANEWS.COM – Perempuan muda di Kota Malang, Jawa Timur menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukan suaminya. Aksi kekerasan ini dilakukan pelaku berinisial M. Romadoni (24), warga Jalan

03