25 May 2024 - 22:33 22:33

Timur Tengah Umumkan 1 Ramadhan Jatuh pada Senin 11 Maret

WARTAPENANEWS.COM –  Sejumlah negara di Timur Tengah telah mengumumkan Senin, 11 Maret sebagai hari pertama Ramadhan setelah melihat hilal penanda pergantian bulan Hijriah pada Minggu, (10/3/2024) petang. Bulan Ramadhan bagi umat Islam diisi dengan puasa wajib dari matahari terbit hingga terbenam selama sebulan dan memperbanyak ibadah.

Di Arab Saudi, para pejabat telah melihat bulan sabit penanda datangnya Ramadhan pada Minggu malam, menjadikan Senin sebagai hari pertama bulan puasa, demikian dilaporkan televisi pemerintah.

Setelah para pejabat di Arab Saudi, negara Muslim Sunni dominan, melihat bulan, banyak negara Teluk Arab, serta Irak, Suriah dan Mesir, mengikuti pengumuman tersebut untuk mengonfirmasi bahwa mereka juga akan mulai berpuasa pada Senin.

Namun beberapa negara Asia-Pasifik, seperti Australia, Brunei, Indonesia, Malaysia dan Singapura, mengatakan mereka akan memulai Ramadhan pada Selasa, 12 Maret setelah gagal melihat bulan sabit.

Oman, yang terletak di ujung paling timur Semenanjung Arab, juga mengumumkan bahwa Ramadhan akan dimulai pada Selasa. Yordania juga akan memulai Ramadhan pada Selasa, demikian dilaporkan Al Jazeera.

Ramadhan bekerja berdasarkan kalender lunar. dan metodologi pengamatan bulan sering kali berbeda-beda di setiap negara, sehingga beberapa negara menyatakan awal bulan lebih awal atau lebih lambat.

Di Iran, yang memandang dirinya sebagai pemimpin Muslim Syiah di dunia, pihak berwenang biasanya mengawali Ramadhan sehari setelah penganut Sunni memulainya. Kantor Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengumumkan Ramadhan di Iran akan dimulai pada Selasa, menurut kantor berita pemerintah IRNA. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 May 2024 - 12:41
Terjadi Lagi, Bus Rombongan Study Tour Alami Kecelakaan di Sumsel

WARTAPENANEWS.COM – Kecelakaan bus rombongan study tour kembali terjadi, kali ini dialami oleh bus membawa rombongan study tour Sekolah Dasar (SD) yang diduga dari Kecamatan Cempaka, Kabupaten OKU Timur, Sumatera

01
|
25 May 2024 - 11:38
Di Wilayah Ini, Kendaraan Tanpa Pelat Nomor Makin Marak

WARTAPENANEWS.COM –  Kendaraan bermotor baik sepeda motor maupun mobil tanpa pelat nomor (TNKB) kembali marak di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut). Ironisnya, para pengemudi kendaraan ini rata-rata mengemudi secara ugal-ugalan

02
|
25 May 2024 - 10:39
Makin Meluas, Ada 47 RT di Jakarta yang Terendam Banjir

WARTAPENANEWS.COM – Hujan deras yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya mulai Jumat (24/5), menimbulkan genangan dan banjir di sejumlah wilayah, Sabtu (25/5). BPBD DKI melaporkan, banjir siang ini meluas hingga ke

03