28 March 2024 - 16:32 16:32

Tinkerlust Ubah Persepsi dan Ajak Berbusana Selaras Alam

WartaPenaNews, Jakarta – Isu go green, merawat Bumi digaungkan oleh Tinkerlust, situs jual beli barang preloved terpercaya, dengan menghadirkan konsep busana daur ulang di perhelatan akbar Jakarta Fashion Week 2020.

Fashion Berkelanjutan Selaras Alam

Berkolaborasi dengan 3 brand lokal ternama, Alexalexa, Jenahara by Jenahara Nasution dan Sebe11as by Hakim Satriyo dan Riyam Dayani, Tinkerlust memberi warna baru pada runway Jakarta Fashion Week 2020.

Tekstil menjadi penyumbang sampah terbesar no 2 setelah plastik. Flash back ke personal, ada berapa banyak sampah tekstil yang dihasilkan dari lemari pakaian dari selera buruk dalam berbusana? Pesan ini kemudian diterjemahkan oleh 3 desainer, yang memiliki komitmen untuk merawat bumi, serta visi yang sama dalam gerakan fesyen berkelanjutan.

“Daur ulang busana, menjadi upaya untuk memperpanjang usia busana dengan kualitas yang masih baik, “kata Samira Shihab, CEO & Co- Founder Tinkerlust.com.

“Yang di daur ulang merupakan busana yang belum laku terjual di Tinkerlust, ” kata COO dan Co Founder Tinkerlust.com, Aliya Amitra.

Sudah tentu, ke 3 desainer yang memiliki konsep desain unik, merasa tersanjung ketika diharuskan mendesain ulang busana-busana yang tidak tersentuh, dengan style mereka.

Dari Balik Lemari Hingga Tekstil Sisa Pabrik

Alexalexa mengolah Upcycling, items dari Tinkerlust yang dikombinasikan dengan tema musim ini. Menggunakan material dari sisa bahan industri garmen, beberapa busananya menjadi koleksi yang terbatas.

Rancangan Alexalexa terdiri dari long pants, short pants, blazer dengan sentuhan kontras, trousers, jumpsuit, serta denim skirt, yang didominasi padanan atasan dan bawahan. Warna-warna putih, hitam, cokelat dan merah muda mendominasi dengan aksen transparan dan polkadot yang menjadi detail yang unik.

Berkat tangan cekatan Jenahara, ada banyak busana yang terlupakan, dan jarang digunakan yang berasal dari lemari pakaian, bersalin model menjadi potongan busana unik, minimalis, dengan potongan asimetris. Serta ragam detail tali temali khas Jenahara. Jenahara juga bekerjasama dengan beberapa muse di JFW 2020, dengan memanfaatkan koleksi busana unik influencer dengan konsep desain minimalis khas Jenahara.

Tangan cekatan duo desainer Hakim Satriyo dan Riyan Dayani ketika mendaur ulang busana dari Tinkerlust serta brand, mereka mampu memukau penonton JFW 2020. Baju lama yang terkena noda harus disiasati dengan beragam cara, bisa di aplikasi, di tempel atau digunting sehingga penampilannya terlihat menarik. Rancangan Sebe11as sangat vibrant, dengan pilihan warna oranye, biru muda, merah, dan ungu. Dominasi dari atasan dan bawahan, selain dress dengan cutting samping yang super tinggi.

Inspirasi Dari Persona Figur Publik

Figur publik ternama diantaranya Dian Sastrowardoyo, Kelly Tandiono, Hannah Al Rasyid dan Mike Lewis menjadi muse dalam fashion show ini. Ke semua koleksi recycle ini sudah bisa Anda dapatkan di situs Tinkerlust. (bud)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03