29 March 2024 - 00:54 0:54

Tips Agar Hipertensi Turun, Cobalah 3 Ramuan Herbal Ini

WartaPenaNews, Jakarta – Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan gangguan pada sistem peredaran darah yang dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah di atas nilai normal yaitu melebihi 140/90 mmHg.

Hipertensi sendiri jarang menunjukkan gejala, namun beberapa orang dengan tekanan darah tinggi melaporkan sakit kepala terutama di bagian belakang kepala.

Seseorang dengan hipertensi harus menjaga tekanan darahnya dengan mengonsumsi obat resep dokter. Namun, tidak hanya obat resep dokter saja, beberapa tanaman herbal asli Indonesia ternyata bisa membantu menurunkan tekanan darah dan menstabilkannya.

Berikut ini tiga resep ramuan herbal yang dijelaskan oleh pakar herbal yang juga Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), dr. Inggrid Tania, Msi, dalam program Hidup Sehat TvOne.

Seledri

Dijelaskan Inggrid seledri dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sebab kata dia seledri memiliki sifat deuretik, yakni membantu mengeluarkan cairan yang akan menurunkan tekanan darah. Untuk membuat ramuan herbal ini siapkan 10 gram daun seledri, 5 gram daun pegagang dan 5 gram daun kumis kucing. Lalu rebus selama lima menit dengan 1 gelas air.

“Ini bisa dikonsumsi sehari 1 sampai 2 kali untuk hipertensi ringan grade 1 (140/90 mmHg)bisa, lebih dari grade 1 tidak bisa, jadi pakai obat dokter untuk lebih menurunkan tekanan darah ini kalau sudah turun misalnya mencapai grade 1 140/90 bisa di-maintain pakai ini diturunkan pakai ini,” tutur Inggrid.

Daun salam dan akar alang-alang

Daun salam diketahui memiliki sifat parsorelasan merilekskan pembuluh darah melebarkan pembuluh darah. Sedangkan akar alang-alang memiliki sifat deuretik, yakni membantu mengeluarkan cairan yang akan menurunkan tekanan darah.

“Bahan utama daun salam akar alang membantu, saling sinergi. Akar alang-alang sifat deuretik, daun salam parsorelasan, itu merilekskan pembuluh darah melebarkan pembuluh darah,” jelas Inggrid.

Untuk membuat ramuan herbal siapkan 10 lembar, 5 gram akar alang-alang, dan 2 gelas air. Rebus hingga mendidih lalu saring. Minuman ini kata Inggrid dapat dikonsumsi 2x sehari.

Belimbing wuluh, kunyit dan kayu manis

Belimbing wuluh diketahui memiliki sifat parsorelasan merilekskan pembuluh darah melebarkan pembuluh darah. Sedangkan kunyit dan kayu manis, dijelaskan Inggrid memiliki sifat parsorelasan merilekskan pembuluh darah melebarkan pembuluh darah.

Untuk membuat ramuan ini siapkan 10 buah belimbing wuluh, air 1 gelas, 30 gram kunyit, kayu manis lalu rebus sampai air sisa setengah.

Di sisi lain, Inggrid menjelaskan untuk masyarakat tidak mencampurkan bahan herbal tersebut secara sembarangan.

“Tidak disarankan dicampur-campur sembarangan. sebaiknya ikuti yang tadi. Jangan sifat yang kuat dan kuat, seledri kuat jangan dicampur dengan daun salam yang sifatnya juga kuat,” kata Inggrid. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03