24 April 2024 - 07:44 7:44

Tips Agar Suspensi Motor Lebih Awet

WartaPenaNews, Jakarta –  Suspensi atau sering disebut shockbreaker terkadang menjadi komponen motor yang diabaikan. Padahal, memiliki peranan yang sangat penting dalam menunjang kenyamanan Anda dalam berkendara.

Fungsi dari suspensi motor sendiri adalah untuk meredam getaran atau kejutan selama berkendara di jalan. Misalnya saat Anda melewati polisi tidur yang cukup tinggi atau melewati jalanan yang berlubang.

Maka dari itu penting untuk tetap menjaga kondisi komponen motor yang satu ini agar tetap prima. Seperti dilansir dari Wahana Honda, ada beberapa tips merawat suspensi motor yang bisa Anda lakukan.

1. Jaga Kebersihan Suspensi

 

Suspensi memang rawan kotor karen letaknya yang terbuka. Terlebih pada musim hujan seperti saat ini, harus senantiasa dijaga kebersihannya agar fungsinya tetap optimal dan tidak terganggu.

Menumpuknya kotoran pada komponen tersebut yang nantinya akan membuat suspensi terasa keras dan tidak nyaman saat digunakan.

2. Perhatikan Oli pada Suspensi

Komponen yang satu ini bekerja meredam kejutan dengan bantuan dari pelicin maupun oli. Tanpa adanya oli yang melapisi bagian suspensi, sudah dapat dipastikan bantingan komponen ini terasa keras dan tidak nyaman.

Tak hanya itu, suspensi yang tidak dilapisi oli atau cairan pelicin juga lebih mudah patah jika digunakan berkendara. Terlebih jika Anda sering melewati jalanan yang rusak, berbatu atau jalanan berlubang sekali pun.

3. Hindari Bawa Barang Berlebih

 

Cara merawat suspensi agar lebih awet selanjutnya adalah dengan cara tidak membawa barang bawaan yang berlebihan. Bagaimana pun, komponen suspensi ini memiliki batas kemampuannya dalam menampung berat barang bawaan.

Jika Anda memberinya beban yang di luar kapasitas dari kemampuan komponen tersebut. Maka risiko terjadinya suspensi rusak dan patah akan jauh lebih besar.

4. Hindari Jalan Rusak dan Berlubang

 

Medan jalanan yang rusak dan berlubang juga menjadi salah satu faktor penyebab suspensi cepat rusak. Jika memungkinkan lebih baik Anda cari jalan lain yang memiliki medan mulus dan tak banyak lubang.

Turunkan laju kecepatan motor Anda sebelum melewati polisi tidur, jalanan berlubang atau apapun yang bergelombang. Hal ini akan mengurangi risiko rusaknya komponen shockbreaker pada motor.(mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03