Tips Kurangi Bau Mulut yang Perlu Kamu Ketahui

Ilustrasi. Foto: Istimewa

WartaPenaNews, Jakarta – Bau mulut sering membuat kepercayaan diri seseorang menurun. Dari beberapa kasus, bau mulut ini dianggap sangat mengganggu dalam aktivitas sehari-hari di lingkungan kantor maupun di rumah. Lantas, bagaimana cara menghilangkannya?

Dilansir Alodokter, Dokter Fita Fitria Ayu menjelaskan jika bau yang tidak sedap dari mulut seseorang disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya pada kesehatan gigi atau pun mulut itu sendiri.

“Bau tidak sedap dapat disebabkan oleh masalah pada mulut dan gigi seperti gigi berlubang, plak pada gigi, kotoran di lidah yang jarang dibersihkan, dan beberapa masalah gigi mulut lainnya seperti peradangan gusi, mulut kering, dehidrasi, infeksi jamur di mulut, kebersihan gigi dan mulut yang kurang dijaga serta gangguan kesehatan lainnya,” jelas Dokter Fita Fitria Ayu.

Menurut dokter Fita, mulut manusia merupakan tempat paling banyak mengandung bakteri setelah usus manusia, sehingga apabila kebersihannya tidak terjaga, berbagai masalahpun akan timbul, termasuk bau mulut.

“Berbagai faktor resiko dapat menyebabkan timbulnya bau mulut dan mengakibatkan rasa tidak nyaman dan tidak percaya diri dengan lingkungan sekitar,” ujarnya.

“Produksi air liur yang berlebihan dapat dipicu oleh makanan maupun infeksi di rongga mulut. Keluarnya air liur beserta bakteri bakteri yang terkandungnya memicu bau mulut dapat terjadi didalam mulut,” lanjutnya.

Untuk membantu mengurangi bau mulut tersebut, dokter Fita menyarankan beberapa hal diantaranya rajin menyikat gigi minimal 2 kali sehari, berkumur dengan Mouthwash, sikat gigi sebelum tidur, dan membersihkan lidah dengan alat pembersih lidah.

“Hindari juga makanan yang berbau tajam dan dapat menyebabkan bau mulut seperti bawang, petai, rempah, dll. Cukupi kebutuhan air putih, istirahat yang cukup. Hindari stress dan kelelahan juga hindari rokok dan konsumsi alkohol,” terangnya.

Namun apabila keluhan tidak kunjung mereda, dokter Fita menganjurkan agar segera mengunjungi dokter terdekat guna mendapatkan saran pengobatan dan penanganan secara langsung.

“Silakan diperiksa ke dokter terdekat apabila masih terjadi,” tutup dia. (dbs)