2 Februari 2023 - 14:58 14:58
728x90

Tips Kurangi Bau Mulut yang Perlu Kamu Ketahui

WartaPenaNews, Jakarta – Bau mulut sering membuat kepercayaan diri seseorang menurun. Dari beberapa kasus, bau mulut ini dianggap sangat mengganggu dalam aktivitas sehari-hari di lingkungan kantor maupun di rumah. Lantas, bagaimana cara menghilangkannya?

Dilansir Alodokter, Dokter Fita Fitria Ayu menjelaskan jika bau yang tidak sedap dari mulut seseorang disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya pada kesehatan gigi atau pun mulut itu sendiri.

“Bau tidak sedap dapat disebabkan oleh masalah pada mulut dan gigi seperti gigi berlubang, plak pada gigi, kotoran di lidah yang jarang dibersihkan, dan beberapa masalah gigi mulut lainnya seperti peradangan gusi, mulut kering, dehidrasi, infeksi jamur di mulut, kebersihan gigi dan mulut yang kurang dijaga serta gangguan kesehatan lainnya,” jelas Dokter Fita Fitria Ayu.

Menurut dokter Fita, mulut manusia merupakan tempat paling banyak mengandung bakteri setelah usus manusia, sehingga apabila kebersihannya tidak terjaga, berbagai masalahpun akan timbul, termasuk bau mulut.

“Berbagai faktor resiko dapat menyebabkan timbulnya bau mulut dan mengakibatkan rasa tidak nyaman dan tidak percaya diri dengan lingkungan sekitar,” ujarnya.

“Produksi air liur yang berlebihan dapat dipicu oleh makanan maupun infeksi di rongga mulut. Keluarnya air liur beserta bakteri bakteri yang terkandungnya memicu bau mulut dapat terjadi didalam mulut,” lanjutnya.

Untuk membantu mengurangi bau mulut tersebut, dokter Fita menyarankan beberapa hal diantaranya rajin menyikat gigi minimal 2 kali sehari, berkumur dengan Mouthwash, sikat gigi sebelum tidur, dan membersihkan lidah dengan alat pembersih lidah.

“Hindari juga makanan yang berbau tajam dan dapat menyebabkan bau mulut seperti bawang, petai, rempah, dll. Cukupi kebutuhan air putih, istirahat yang cukup. Hindari stress dan kelelahan juga hindari rokok dan konsumsi alkohol,” terangnya.

Namun apabila keluhan tidak kunjung mereda, dokter Fita menganjurkan agar segera mengunjungi dokter terdekat guna mendapatkan saran pengobatan dan penanganan secara langsung.

“Silakan diperiksa ke dokter terdekat apabila masih terjadi,” tutup dia. (dbs)

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
film
Deretan Film Semi China Terbaik
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
satu 1
Harry Tanoe Mundur dari Dirut MNC Digital (MSIN)
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
sidang ferdy sambo
Hari Ini, Enam Eks Anak Buah Sambo Jalani Sidang Tuntutan
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
2 Februari 2023 - 12:03
Rekonstruksi Ulang Kecelakaan Mahasiswa UI Dijaga Ketat Polisi

wartapenanews.com - Puluhan polisi tampak berbaris, menjaga ketat tempat kejadian perkara (TKP) rekonstruksi ulang kecelakaan Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Muhammad Hasya Attalah Syaputra di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Puluhan polisi

01
|
2 Februari 2023 - 11:08
Nunung Divonis Idap Kanker Payudara

wartapenanews.com -  Kabar kurang menyenangkan datang dari pelawak Nunung Srimulat. Belum lama ini, ia divonis dokter mengidap penyakit kanker payudara. Awalnya, Nunung merasakan ada benjolan di sekitar payudaranya. Namun, ia

02
|
2 Februari 2023 - 10:06
Hari Ini, Polda Metro Gelar Rekonstruksi Ulang Kasus Kecelakaan Mahasiswa UI

wartapenanews.com - Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi ulang kasus kecelakaan yang menewaskan mahasiswa UI, Muhammad Hasya Atallah (18), di Jalan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, hari ini, Kamis (2/2). Polisi

03