20 May 2024 - 19:31 19:31

Tips Memilih Jenis Beras Terbaik

IPOL.ID – Sebagai negara kepulauan, Indonesia dikelilingi ribuan pulau yang dihuni oleh berbagai macam suku dengan makanan pokoknya masing-masing, disesuaikan dengan kondisi wilayahnya. Ada beras, umbi-umbian, jagung, sagu, dll.

Beras sebagai salah satu makanan pokok yang dikonsumsi sebagian besar masyarakat Indonesia. Tak heran jika banyak jenis beras yang dijual di pasaran dengan kualitas yang berbeda pula. Kualitas beras tentunya berpengaruh pada kandungan gizi dari beras tersebut. Karenanya Anda harus selektif dalam memilih beras yang berkualitas, sehingga saat dikonsumsi dapat memberi manfaat pada tubuh Anda.

Salah satu produsen beras premium, SES  Indo  Semesta akan memberikan tips untuk Anda dalam memilih beras berkualitas tinggi. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, mulai dari tekstur, bau, warna dan lain sebagainya. Dirangkum dari SES Indo Semesta, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar mendapatkan beras yang berkualitas, baik dan juga sehat.

  1. Perhatikan Warna Beras

Tips pertama yang harus diperhatikan saat memilih beras yang berkualitas adalah memperhatikan warna pada beras. Mengingat saat ini sudah banyak beras yang dicampur dengan berbagai pemutih, maka memperhatikan warna beras sangat penting agar Anda benar-benar mendapatkan beras yang menyehatkan.

Warna beras yang berkualitas sebenarnya bukanlah jenis beras yang terlalu putih. Karena bisa jadi warna beras tersebut memiliki kandungan pemutih. Sebaiknya, pilih warna beras yang memiliki warna bening dengan sedikit kekuningan.

  1. Perhatikan Tekstur Berasnya

Berikutnya adalah perhatikan tekstur dari beras. Anda bisa melihat apakah beras tersebut tepat atau tidak untuk dikonsumsi. Beras yang berkualitas memiliki tekstur yang kuat dan tidak mudah patah saat ditekan.

Sebaliknya, beras yang ketika ditekan mudah sekali hancur, itu menunjukkan bahwa beras tersebut sudah tidak layak konsumsi. Oleh karena itu, pilihlah beras yang kuat dan kokoh dengan cara menekan sampel dari beras yang ada.

  1. Pilih Beras yang Tidak Menempel saat Diremas

Tips lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan agar mendapatkan beras yang sehat adalah dengan memastikan bahwa berasnya tidak menempel ketika diremas. Beras yang menempel di tangan saat diremas menunjukkan bahwa beras tersebut memiliki kandungan pelicin.

Kandungan pelicin yang terdapat di dalam produk beras harus dihindari semaksimal mungkin. Hal ini disebabkan karena kandungan tersebut tidak baik untuk kesehatan dan dapat menimbulkan masalah pada tubuh seseorang.

  1. Amati dengan Cermat Penampakan Berasnya

Selanjutnya adalah dengan melihat model pada berasnya. Caranya adalah dengan mengamati butiran beras tersebut. Dengan cara ini, Anda bisa melihat apakah beras tersebut produk beras yang masih baru atau sudah lama.

Lihat tekstur dan penampakan beras tersebut secara teliti. Apabila pada tekstur berasnya terdapat tekstur beras yang panjang atau tidak. Selain itu, lihat juga apakah di tangan Anda terdapat bekas seperti tepung atau tidak. Jika kedua tanda tersebut ada, maka itu menandakan bahwa berasnya sudah berumur tua.

  1. Pastikan Berasnya Tidak Terdapat Kutu

Anda juga harus memastikan bahwa beras yang Anda beli tidak terdapat kutu di dalamnya. Umumnya, beras yang terdapat kutu menandakan bahwa beras tersebut sudah berumur lama. Dan beras yang usianya sudah lama, tentu saja tidak bersih dan kurang baik untuk kesehatan.

Akan tetapi, beras yang berkutu sebenarnya juga ada sisi positifnya. Karena ia tidak terdapat bahan atau zat kimia. Ada kalanya juga jenis beras yang baru berkutu karena terkontaminasi oleh beras yang lama.

  1. Cium Aroma Beras

Tips selanjutnya dalam memilih beras yang berkualitas tinggi adalah dengan melihat bagaimana aroma beras. Saat ini, di pasaran sudah banyak beredar jenis beras yang mengandung pewangi buatan. Beras yang mengandung pewangi buatan umumnya menimbulkan bau yang wanginya sangat. Sehingga, hindari jenis beras seperti ini.

Namun, apabila saat dicium beras tersebut menimbulkan aroma bau apek, maka itu menandakan bahwa berasnya sudah berusia lama. Sedangkan beras yang terlalu lama rasanya kurang enak. Selain itu, berasnya juga mudah busuk ketika dimasak. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih beras yang aromanya wangi yang normal dan tidak berbau apek.

Tips di atas dapat menjadi rujukan bagi Anda dalam mendapatkan beras berkualitas dan aman untuk dikonsumsi bersama keluarga. Selamat mencoba. (Yuli)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
20 May 2024 - 12:18
KNKT: Pesawat Latih yang Jatuh di BSD Belum Terlalu Tua

WARTAPENANEWS.COM – Pesawat latih milik Indonesia Flying Club dengan nomor PK-IFP 172 yang jatuh di BSD, Tangerang Selatan, Minggu (19/5/2024) mengakibatkan tiga orang meninggal dunia. Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT)

01
|
20 May 2024 - 11:17
Dendam karena Dihukum Salin 2 Juz Al-Quran, Santri di Palangka Raya Bunuh Ustazah

WARTAPENANEWS.COM –  Santri berinisial FA (13 tahun) harus berhadapan dengan hukum. Ia membunuh seorang ustazah bernama Najma (35) di area salah satu pondok pesantren di Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Kabid

02
|
20 May 2024 - 10:16
Sepakat Damai, Inara Rusli dan Virgoun Cabut Laporan di Polda Metro Jaya

WARTAPENANEWS.COM – Inara Rusli dan Virgoun baru-baru ini mengabadikan momen pertemuan di sebuah tempat yang diunggah melalui akun instagram milik Inara @mommy_starla. Keduanya bersepakat untuk menempuh upaya damai dan memutuskan

03