24 April 2024 - 04:36 4:36

Tips Memilih Kursi Pesawat saat PSBB

WartaPenaNews, Jakarta  – Tempat teraman untuk duduk di pesawat untuk menghindari penangkapan virus corona dari penumpang yang terinfeksi ada adalah di sebelah jendela, menurut para ahli medis.

Para ahli dari Emory University memodelkan pergerakan penumpang di sekitar pesawat terbang untuk menunjukkan bagaimana virus dapat menyebar, dan menemukan bahwa orang yang duduk di kursi jauh lebih mungkin untuk bersentuhan dengan penumpang yang terinfeksi.

Mereka mengatakan, bahwa penumpang yang khawatir tertular virus corona harus tetap di kursi mereka. Ini karena, semakin Anda bangun dan bergerak di sekitar pesawat, semakin besar peluang Anda untuk menemukan diri Anda di samping seseorang yang menderita penyakit tersebut.

Semakin lama Anda berhubungan dengan penumpang yang terinfeksi dan semakin lama Anda berada di dekat mereka, semakin besar pula kemungkinan Anda terinfeksi.

Untuk alasan ini awak kabin tidak boleh terbang jika mereka memiliki infeksi apa pun – terutama yang seperti coronavirus – karena mereka memiliki kontak paling banyak dengan penumpang dalam penerbangan.

Para peneliti menemukan penumpang di dekat jendela nyaris tidak meninggalkan kursi mereka yang mengurangi jumlah kontak dengan penumpang lain dari 64 bagi mereka yang duduk di lorong menjadi hanya 12 untuk pemegang kursi dekat jendela.

Mereka menemukan 38% meninggalkan kursi mereka sekali dan 24% lebih dari sekali, tetapi penumpang di dekat jendela nyaris tidak meninggalkan kursi mereka sama sekali.

Ini mengurangi jumlah kontak dengan penumpang lain dari 64 untuk mereka yang duduk di lorong menjadi hanya 12 untuk pemegang kursi jendela.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan kontak dengan orang yang terinfeksi sedang duduk dalam dua baris satu sama lain, tetapi tim Emory mengatakan itu tidak sesederhana itu.

Mereka mengatakan orang tidak hanya duduk selama penerbangan, mereka mengunjungi kamar mandi, meregangkan kaki dan mengambil barang-barang dari loker di atas kepala.

“Misalkan Anda duduk di kursi lorong atau di kursi tengah dan saya berjalan ke toilet,” Howard Weiss, penulis studi mengatakan kepada National Geographic. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03