2 May 2024 - 23:08 23:08

Tips Menjaga Agar Kebutuhan Cairan Tubuh Terpenuhi selama Puasa

WartaPenaNews, Jakarta - Kebutuhan cairan tubuh selama Ramadan sama saja seperti bulan lainnya, tergantung pada kebiasaan makan dan tingkat aktivitas yang dilakukan. Namun, untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, tak hanya dari air minum, tapi juga dari makanan seperti sayuran berkuah atau buah-buahan yang mengandung air.

“Mungkin Anda sudah memakan banyak sup, meminum susu, atau buah-buahan yang mengandung air yang akan berkontribusi pada jumlah cairan yang dibutuhkan selama sehari. Tantangannya selama Ramadhan adalah memastikan bahwa Anda mendapatkan jumlah cairan yang tepat dalam waktu yang singkat, yakni saat sahur dan berbuka,” jelas Tanya van Aswegen, pakar diet klinis di Klinik Valiant Dubai, Uni Emirat Arab.

Tanya menjelaskan selain membantu Anda tetap sehat dan berenergi, cairan juga berfungsi untuk mengontrol temperatur tubuh, melancarkan pencernaan, membawa nutrisi ke seluruh tubuh, menjadi bantalan bagi organ dan persendian, membuang limbah dan kotoran, serta menjaga kesehatan usus Anda.

Sementara itu Dr. Nacrin Uddin, dokter keluarga dan konsultan di Medcare Medical Centre, Inggris, mengingatkan agar Anda berhati-hati terhadap jenis minuman yang biasa disajikan selama Ramadan. Air putih tetap menjadi jenis minuman terbaik yang perlu dikonsumsi untuk menjaga hidrasi tubuh. Sedangkan minuman-minuman manis yang hampir selalu hadir sebagai hidangan berbuka puasa sering kali mengandung gula tinggi dan tambahan kalori.

Perhatikan pula cara mengonsumsi air yang benar agar tubuh tidak kewalahan. “Sangat disarankan agar Anda tidak meminum air langsung dalam jumlah banyak di sekali waktu atau di waktu makan. Selain itu, disarankan pula untuk mengonsumsi buah-buahan segar ketimbang jus buah dengan pemanis buatan,” jelas Nacrin Uddin. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
2 May 2024 - 15:16
Pemerintah Sudah Gelontokan Dana Desa Rp609,68 Triliun

WARTAPENANEWS.COM –  Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat dana desa telah disalurkan sebesar Rp609,68 triliun selama 2015-2024. Dana tersebut mengalir desa-desa di seluruh kabupaten dan kota di Indonesia. “Jadi dana desa tak

01
|
2 May 2024 - 14:15
Ini Penyebab Asia Tenggara dan Selatan Dihantam Gelombang Panas

WARTAPENANEWS.COM – Asia Selatan dan Tenggara bersiap menghadapi suhu panas yang lebih ekstrem sejak Minggu (28/4/2024) ketika pihak berwenang di seluruh kawasan mengeluarkan peringatan kesehatan. Penduduk juga banyak yang mengungsi

02
|
2 May 2024 - 13:13
Terbukti Bunuh Juniornya, Altaf Mahasiswa UI Dihukum Penjara Seumur Hidup

WARTAPENANEWS.COM – Altafasalya Ardnika Basya alias AAB divonis hukuman penjara seumur hidup karena membunuh Muhammad Naufal Zidan, mahasiswa program studi Sastra Rusia Universitas Indonesia (UI). Majelis Hakim Pengadilan Negeri Depok

03