20 May 2024 - 00:45 0:45

TNI Selidiki Sebab Jatuhnya Pesawat Super Tucano

WARTAPENANEWS.COM –  Pesawat latih milik TNI AU berjenis Super Tucano jatuh di wilayah Desa Keduwung, Kecamatan Puspo, Pasuruan, Jawa Timur. Peristiwa ini terjadi pada Kamis (16/11) sekitar pukul 12.00 WIB.

“Telah jatuh Pesawat Latih jenis Tucano. Milik TNI AU Lanud Abd Rahman Saleh Malang,” ujar Kepala Penerangan Kodam V/Brawijaya, Kolonel Rendra Ardhani dalam keterangannya.
Rendra mengatakan, hingga saat ini belum diketahui jumlah awak pesawat yang menjadi korban dalam peristiwa ini.

Penyebab jatuhnya pun hingga kini masih diselidiki.

“Jumlah awak dan penyebab jatuhnya pesawat tersebut masih dalam investigasi pihak berwenang,” ungkapnya.

Sekilas Profil Tucano

Pesawat tempur taktis itu buatan Brasil yang memiliki kemampuan serang antigerilya (counter insurgency). Ia juga memiliki kemampuan pengendali udara depan (forward air control), dukungan udara dekat (close air support).

Juga memiliki kemampuan penyekatan dan pertahanan udara yang berkecepatan rendah sehingga dapat melakukan identifikasi musuh di medan perang.

Dikutip dari situs resmi TNI AU, Indonesia memiliki 16 pesawat EMB-314 Super Tucano yang dibeli Pemerintah Indonesia dari Brasil pada 2012 lalu yang di tempatkan di Skadron 21 Abdul Rahmah Saleh Malang. Armada baru ini bertugas menggantikan pesawat OV-10F Bronco yang kini telah di grounded karena usianya yang tua.

EMB-314 Super Tucano terdiri dari dua versi, tipe A-29ALX (kursi tunggal) dan AT-29B (kursi ganda). Khusus versi kursi ganda juga dapat digunakan sebagai elemen pesawat latih lanjut dan versi inilah yang dimiliki oleh TNI AU. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
18 May 2024 - 12:19
Sosok Ayah Pacar Vina Cirebon Ternyata Seorang Perwira Polisi

WARTAPENANEWS.COM –  Ternyata sosok ayah pacar Vina Cirebon yang tewas dibunuh seorang Perwira Polisi. Diketahui, kasus Vina kembali jadi perhatian masyarakat setelah diangkat ke layar lebar pada 2024 dengan judul

01
|
18 May 2024 - 11:17
Gegara Perang Gaza, Ada Perpecahan Dalam Kabinet Israel

WARTAPENANEWS.COM –  Satu demi satu perpecahan dalam kabinet Israel terkait perang di Gaza mulai terungkap. Menteri Pertahanan Yoav Gallant secara terbuka menuntut strategi yang jelas dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu,

02
|
18 May 2024 - 10:15
Pejabat Kemenhub yang Buat Sumpah Sambil Injak Al-Quran, Dilaporkan ke Polisi

WARTAPENANEWS.COM – Pejabat Kementerian Perhubungan bernama Asep Kosasih dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan penistaan agama. Laporan itu dibuat berdasarkan sebuah video viral yang menampilkan Asep sedang melakukan sumpah

03