29 March 2024 - 04:49 4:49

Trik Agar Si Kecil Mau Diimunisasi

WartaPenaNews, Jakarta – Situasi pandemi COVID-19 rentan membuat banyak orang stres, termasuk pada anak-anak. Lantaran kondisi mental yang menurun ini, sebagian besar orangtua mengeluhkan sulitnya mengajak si kecil untuk diimunisasi ke fasilitas kesehatan.

Tak dimungkiri, kekhawatiran untuk ke rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya kerap timbul, baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Selain situasinya yang terasa menegangkan, pakaian yang serba tertutup oleh tenaga medis membuat ketakutan tersendiri.

Diungkapkan dokter spesialis anak, dr. Darmady Darmawan SpA, imunisasi adalah hal wajib yang tetap dilakukan meski pandemi masih berlangsung. Untuk itu, beberapa fasilitas kesehatan perlu berbenah demi memberi kenyamanan pada saat imunisasi.

“Ke rumah sakit atau klinik, memang harus, apalagi vaksin, harus dilakukan. Tapi di situasi pandemik ini, anak stres karena jarang keluar rumah dan pas keluar rumah ngelihat semua orang pakai hazmat,” ucapnya beberapa waktu lalu.

Salah satu yang dibenahi termasuk pemakaian hazmat. Jika biasanya hazmat berwarna serba putih bagaikan seragam astronot, dokter Darmadi menyebut konsep superhero membuat anak-anak bisa lebih nyaman dam ceria saat imunisasi. Hal ini yang membuat Kiddiecare Center memakai hazmat dengan beberapa jenis superhero seperti Mario Bross, Kapten Amerika, hingga Superman.

“Dengan melihat hazmat seperti ini, atau malah mereka berdandan seperti superhero dan karakter lain, ada kebahagiaan sendiri untuk seluruh keluarga,” terangnya.

Reaksi para orangtua pun cukup senang lantaran anak-anaknya menjadi lebih mudah untuk diajak bertemu dokter dan diimunisasi. Bahkan, tak jarang yang ikut memakai seragam yang sama agar bisa berfoto. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03