29 March 2024 - 15:30 15:30

Trump Paksa Eropa Lakukan Kesepakatan Dagang

WartaPenaNews, Jakarta – Presiden Donald Trump mengatakan Uni Eropa “tidak punya pilihan” selain untuk merundingkan kesepakatan perdagangan baru dengan AS.

Presiden bertemu dengan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen di World Economic Forum di Davos, Swiss pada hari Selasa (21/1/2020), dan mengatakan dua pihak memiliki “pembicaraan yang hebat.”

Di tengah diskusi informal yang sedang berlangsung, Trump telah mengancam untuk menampar tarif pada mobil Eropa dalam upaya untuk para pemimpin Uni Eropa yang kuat. Dalam pertemuan kemarin, ia mengaku telah mengatakan kepada von der Leyen bahwa tidak ada kesepakatan perdagangan, ia perlu “mengambil tindakan” dalam bentuk “tarif yang sangat tinggi pada mobil mereka dan hal-hal lain.”

Trump mengatakan bahwa Eropa telah “sangat sulit untuk dihadapi” dan telah “mengambil keuntungan” dari AS, tetapi menyarankan bahwa blok itu sekarang memiliki “tidak ada pilihan” selain membuat kesepakatan.

“Kami mengalami defisit luar biasa selama bertahun-tahun – lebih dari $ 150 miliar dengan Eropa,” katanya, seraya menambahkan bahwa ia akan “sangat terkejut” jika ia harus menerapkan tarif.

Defisit perdagangan barang dan jasa AS dengan UE adalah $ 109 miliar pada tahun 2018, menurut Kantor Perwakilan Perdagangan AS.

Ekspor barang dan jasa AS ke UE mendukung sekitar 2,6 juta pekerjaan pada 2015, menurut data terbaru yang tersedia dari Departemen Perdagangan AS.

Trump telah setuju dengan pendahulu von der Leyen Jean-Claude Juncker pada tahun 2018 untuk memulai negosiasi pada kesepakatan perdagangan baru untuk menghindari pengenaan tarif.

Uni Eropa telah menyetujui mandat negosiasi baru untuk memulai pembicaraan perdagangan itu, tetapi AS belum memberi sinyal kesiapan untuk memulai pertemuan itu.

“Saya ingin menunggu sampai selesai dengan China, saya tidak ingin pergi dengan China dan Eropa pada saat yang sama,” kata presiden seperti mengutip cnbc.com, Rabu (22/1/2020).

“Dan sejujurnya, Jean-Claude adalah teman saya, tetapi ia tidak mungkin berurusan dengan itu. Saya ingin melakukan Meksiko dan Kanada terlebih dahulu. Sekarang semuanya sudah selesai dan kita akan ke Eropa. ”

Trump juga mengonfirmasi bahwa negosiasi sedang berlangsung dengan Perdana Menteri Boris Johnson di Inggris mengenai kemungkinan kesepakatan perdagangan bilateral, dengan Inggris akan meninggalkan Uni Eropa pada 31 Januari.

“Boris dan aku adalah teman, dan dia ingin membuat kesepakatan dan tidak masalah denganku. Mereka menginginkannya, mereka membutuhkannya,” tambah Trump.

Perjanjian perdagangan apa pun antara AS dan AS hanya dapat berlaku pada akhir periode transisi dengan UE, yang saat ini akan berlangsung hingga akhir tahun 2020. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03