11 May 2024 - 17:13 17:13

Tujuh Jembatan di Kabupaten Lebak Putus Akibat Banjir

WartaPenaNews, Jakarta – Banjir bandang dan longsor yang menerjang Kabupaten Lebak, Propinsi Banten, pada 1 Januari 2020 pun merusak layanan publik. Tujuh jembatan yang berubah menjadi jagoan penduduk putus diterjang derasnya air.

Menurut catatan relawan Lebak Peduli, terdaftar ada tujuh jembatan putus karena tragedi banjir dan tanah longsor di awal tahun 2020 ini. Satu diantaranya merupakan jembatan utama di Kecamatan Sajira yang berubah menjadi penghubung ke Kecamatan Muncang, Leuwidamar dan Sobang di Kabupaten Lebak, Banten.

“Jembatan putus di sebagian tempat karena banjir bandang,” kata koordinator relawan Lebak Perduli, Rochman Setiawan, saat di konfirmasi melalui pesan singkatnya, Rabu (1/1/2020).

Banjir terjang wilayah Lebak, Banten, pada 1 Januari 2020.

Tidak cuma jembatan putus, berdasarkan catatannya ada 19 desa di tiga kecamatan yang terbenang banjir bandang dan tanah longsor.

Berikut data desa yang terbenang banjir dan longsor yang dikirimkan oleh Rochman Setiawan dari relawan Lebak Perduli.

Kecamatan Sajira :
1. Desa Sukarame
2. Desa Sukajaya
3. Desa Sajira Mekar
4. Desa Sajira
5. Desa Bungur Mekar
6. Desa Calung Bungur
7. Desa Pajagan

Kecamatan Cipanas :
1. Desa Bintangresmi
2. Desa Bintangsari
3. Desa Haurgajrug
4. Desa Sukasari
5. Desa Sipayung
6. Desa Cipanas
7. Desa Luhurjaya

Kecamatan Lebak Gedong :
1. Desa Banjaririgasi
2. Desa Banjarsari
3. Desa Ciladaeun
4. Desa Lebaksangka
5. Desa Lebaksitu

Banjir terjang Lebak, Banten, 1 Januari 2020.

“Data sementara, di Desa Pajagan, Kecamatan Sajira, ada 30 rumah hancur dan terbenam terikut banjir, dan satu Masjid terbenam,” tangkisnya. Pria yang akrab dipanggil Omen ini mengatakan pertolongan yang benar-benar diperlukan oleh penduduk berwujud makanan, selimut, pakaian dan obat-obatan.

Serta di perkampungan Bolang dan Formasi, Desa Bungur Mekar, beberapa rumah terbenang dan jembayan putus yang belum dapat terakses pertolongan.

“Desa Bungur Mekar terbenang banjir dan jembatan putus. Dibutuhkan pertolongan makanan siap saji, obat-obatan dan lain-lain,” kata Omen. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
11 May 2024 - 12:17
Ayah di Bekasi Pukul Anak Pakai Linggis hingga Tewas

WARTAPENANEWS.COM – Polres Metro Bekasi Kota menghentikan kasus seorang ayah berinisial N (61 tahun) yang memukul anak kandungnya sendiri berinisial C (35) hingga tewas menggunakan linggis. Kasatreskrim Polres Metro Bekasi

01
|
11 May 2024 - 11:16
1 Orang Tewas, 3 Rumah Rusak di Pasuruan akibat Bom Ikan Meledak

WARTAPENANEWS.COM – Bom ikan atau bondet meledak di sebuah gudang Jalan Hangtuah IX RT 006 RW 009 Kelurahan Ngemplakrejo, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan, Jumat (10/5) malam. Ledakan tersebut menewaskan satu

02
|
11 May 2024 - 10:13
Sopir Taksi di Bali Diringkus Usai Bawa Kabur Tas Berisi Uang Rp30 Juta

WARTAPENANEWS.COM – Oknum sopir taksi berinisial IKEP (40) diringkus di rumahnya di Jalan Imam Bonjol, Denpasar, karena membawa pulang tas milik penumpangnya yang tertinggal. Dalam tas milik WN Prancis berinisial

03