23 June 2024 - 14:45 14:45

U-Turn di Simpang Santa, Sudah Dibongkar tapi Batal Diterapkan

wartapenanews.com – Penutupan putaran balik di perempatan Jalan Wijaya (Antasari), Jalan Wolter Monginsidi, dan Jalan Suryo, batal diterapkan setelah sebelumnya sempat menjadi sorotan.

Padahal, demi penerapan rekayasa lalu lintas itu, jalur sepeda sepanjang lintasan jalan tersebut sudah dihancurkan dan diaspal.

“Jadi yang di Antasari, mengingat ada penolakan dari warga, kami tidak laksanakan terlebih dahulu,” kata Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo kepada wartawan, saat ditemui Halte CSW, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (25/5).

Penerapan rekayasa lalu lintas ini ditangguhkan sementara sampai pihak Dishub DKI Jakarta melakukan evaluasi menyeluruh terkait kondisi lalu lintas di sekitar Jalan Antasari. Khususnya, di sekitar Simpang Antasari yang selalu dipadati kendaraan dari arah Tol Depok-Antasari (Desari).

“Kita akan evaluasi dulu terkait kondisi traffic di sana sambil dicari alternatif untuk mengurangi kepadatan di jalan yang akan ke Antasari. Karena kan kita pahami, dengan adanya Tol Desari, pada pagi hari, itu yang dari tol langsung numpuk di depan Simpang Antasari. Ini akan kita kaji apa yang bisa dilakukan sehingga antrean di sana bisa kita minimalkan antreannya,” lanjutnya.

Selain itu, Dishub juga harus mempertimpangkan besarnya jumlah kendaraan menuju Jalan TB Simatupang.

“Dan ini tentu harus dipertimbangkan pergerakan untuk arah baliknya karena kebutuhan masyarakat untuk bergerak beraktivitas di TB Simatupang dengan perkembangan wilayah itu juga cukup tinggi dari traffic volumenya,” tuturnya.

Sebelumnya, penutupan putaran balik di Simpang Santa menuai penolakan dari berbagai pihak, mulai dari pengendara jalan yang mengaku tidak merasakan efek apa pun dari penerapan aturan tersebut, hingga komunitas pesepeda yang kecewa karena hilangnya jalur sepeda di kawasan tersebut.

Sejak awal kebijakan penutupan u-turn memang dilakukan secara bertahap, kebijakannya baru dilakukan secara permanen per Juni 2023.

“Penutupan U-turn ini belum akan dilaksanakan. Gitu ya. Masih dikaji,” pungkas Syafrin. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
23 June 2024 - 09:25
Sharp Semarakan Jakarta Fair Kemayoran 2024 Hadirkan Promo Menarik

WARTAPENANEWS.COM – Sharp kembali ramaikan Jakarta Fair Kemayoran 2024 yang akan berlangsung selama satu bulan penuh dari tanggal 12 Juni – 14 Juli 2024 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat. Menempati area

01
|
22 June 2024 - 12:05
Kominfo Belum Bisa Pulihkan Usai 55 Jam Server PDN Eror

WARTAPENANEWS.COM –  Server Pusat Data Nasional (PDN) Kominfo masih mengalami gangguan hingga Sabtu (22/6) pukul 11.00 WIB. Gangguan server ini pertama kali diketahui pada Kamis (20/6) pukul 04.00 WIB yang

02
|
22 June 2024 - 11:16
Usai Pandemi, Bisnis Sepeda Lesu hingga Banting Harga

WARTAPENANEWS.COM – Bisnis sepeda usai era pandemi Covid-19 kini lesu. Seperti dialami toko-toko sepeda di berbagai penjuru AS yang menghadapi kesulitan setelah penjualan yang marak pada awal pandemi lalu. Menurut

03