4 May 2024 - 15:19 15:19

URI Amerika Siapkan 70 Ventilator untuk Bantu Papua

URI Amerika Siapkan 70 Ventilator untuk Bantu Papua

WartaPenaNews, Jayapura – University of Rhode Island (URI) Amerika Serikat menyiapkan 70 ventilator untuk membantu Pemerintah Provinsi Papua dalam penanganan pasien yang terjangkit virus Corona (Covid-19).

Direktur Kemitraan Pendidikan URI untuk Asia , Brook W Ross dalam keterangannya, Jumat pagi (15/5/2020) mengatakan bantuan tersebut merupakan wujud penghormatan dari URI kepada Pemerintah Provinsi Papua atas kerjasama pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia yang selama ini terjalin baik antara kedua belah pihak.

“University of Rhode Island (URI) sangat menghormati Pemerintah Provinsi Papua dan berterima kasih ata kemitraan antar Rhode Island Amerika Serika dan Provinsi Papua,”ungkap Brook via
Brook mengatakan bahwa Rektor URI secara resmi telah mengirimkan surat kepada Gubernur Papua terkait bantuan ventilator tersebut. Dalam suratnya tertanggal 12 Mey 2020, Rektor University of Rhode Island, David M. Dooley mengatakan sebagai mitra Pemerintah Papua dalam penelitian dan pelatihan, URI akan mendonasi dan mengirim ventilator ke Papua.

Direktur Direktur Kemitraan Pendidikan URI untuk Asia, Brook W Ross mendampingi Gubernur dan rombongan melihat langsung aktivitas kuliah dan fasilitas di URI Amerika Serikat, Mei 2019 lalu.

“Dengan hormat, bapak gubernur Papua bapak Lukas Enembe, saya kirimkan salam sejahtera dari University of Rhode Island dan harapan bapak selalu dalam keadaan sehat dan juga seluruh rakyat Papua. Terima kasih kami ucapkan kembali, atas kunjungan bapak dan delegasi ke Rhode Island tahun lalu dan menandatangani perjanjian kerja sama dan untuk pertemanan kolaborasi yang selama ini telah terjalin. URI Akan mendonasi ventilator untuk provinsi bapak guna menangani pandemi Covid-19 dan untuk mendukung Papua dalam melindungi rakyat bapak,”ungkap Dooley,

Dooley mengatakan ventilator yang segera akan dikirim ke Papua itu merupakan hasil desain universitasnya dengan menciptakan ventilator dengan mengubah perangkat CPAP dan BiPAP.
“Universitas kami telah berinisiatif untuk menciptakan ventilator dengan mengubah perangkat CPAP and BiPAP alat ventilator lengkap untuk di kirimkan termasuk semua bagian yang diperlukan untuk menangani pasien yang terinfeksi COVID-19. Tujuan kami adalah untuk mendonasi paket-paket, dan setiap paket tersebut berisi “sirkuit lengkap” per satu pasien,”jelas Rektor URI.

Dia menambahkan pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi melalui Kepala Badan Pengelola Sumber Daya Manusia (BPSDM) Papua Aryoko AF Rumaropen dan berkomunikasi dengan dr. Sylwanus Sumule selaku Juru Bicara Satgas Covid-19 Papua serta tim anastesi Papua untuk penjelasan protokol penggunaan alat tersebut.

Gubernur dan Rektor URI Saat Penandatanganan Kerjasama Pendidikan di Rhode Island Amerika Serikat,Mei April 2019 lalu

“Kami akan meminta agar spesialis medis di Papua bekerjasama dengan tim URI dalam mengembangkan protokol khusus berbahasa Indonesia untuk menggunakan perangkat ini, termasuk inspeksi lokal, pembersihan dan sterilisasi antara pasien, pemantauan untuk keselamatan selama perawatan. Segera kami akan kirim satu satu unit ventilator untuk diperiksa tim Satgas Covid-19 dan Dinas Kesehatan Papua,”ujar Dooley. (Azk)

Caption foto:
1. Gubernur dan Rektor URI Saat Penandatanganan Kerjasama Pendidikan di Rhode Island Amerika Serikat,Mei April 2019 lalu

2. Direktur Direktur Kemitraan Pendidikan URI untuk Asia, Brook W Ross mendampingi Gubernur dan rombongan melihat langsung aktivitas kuliah dan fasilitas di URI Amerika Serikat, Mei 2019 lalu.

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
4 May 2024 - 12:14
Mal Rabinza di Lebak Hangus Terbakar

WARTAPENANEWS.COM – Kebakaran hebat terjadi di Mal Rangkasbitung Indah Plaza (Rabinza), Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, pada Sabtu (4/5/2024) dini hari. Informasi diperoleh, peristiwa itu terjadi pukul 00.25 WIB.

01
|
4 May 2024 - 11:13
Mayat Pria Ditemukan Tanpa Busana di Perumahan Sukabumi

WARTAPENANEWS.COM – Warga di Perumahan Frinanda, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, digegerkan dengan penemuan mayat pria dalam kondisi telanjang. Kejadian tragis tersebut terjadi di rumah blok B1 Nomor 1

02
|
4 May 2024 - 10:06
Exit Tol Jagorawi Arah Puncak Macet, Contraflow Diberlakukan di KM 44

WARTAPENANEWS.COM – Kemacetan terjadi di exit Tol Jagorawi arah Puncak pagi ini, Sabtu (4/5). Ini disebabkan wisatawan yang akan berlibur ke kawasan Puncak pada weekend. Informasi dari Jasa Marga, kemacetan

03