16 May 2024 - 00:28 0:28

Varian Baru Virus Corona Seperti Monster bagi Filipina

WartaPenaNews, Filipina -  Sebagai tenaga kesehatan di garda terdepan, Dr Genalyne Maroon-Berzabal telah menyaksikan secara langsung lonjakan terbaru kasus COVID-19 di Filipina.

Dokter muda itu menjalankan klinik dokter anak di Manila, tetapi ketika pandemi melanda setahun yang lalu, dia mulai bekerja menangani pasien virus corona yang jumlah kasusnya meroket di rumah sakit pemerintah di kota itu.

“Jumlah pasien di rumah sakit meningkat dalam beberapa hari terakhir,” katanya.

“Kapasitas di beberapa rumah sakit penuh.”

Setelah menunggu dengan cemas, Dr Maroon-Berzabal akhirnya menerima vaksin COVID-19 dengan harapan akan melindunginya.

Ia adalah salah satu orang yang beruntung.

Pengiriman dan peluncuran vaksin yang lambat di Filipina membuat banyak petugas kesehatan lainnya harus menunggu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk mendapatkan giliran disuntik.

Sejauh ini Filipina menerima vaksin yang jumlahnya tidak cukup menyuntik 1 persen dari populasi.

Dengan jumlah saat ini artinya cakupan vaksinasi di Filipina belum akan terpenuhi sampai tahun 2023.

Sejauh ini Filipina telah menerima cukup vaksin untuk 1 persen dari populasinya. Dr Genalyne Maroon-Berzabal adalah salah satu yang beruntung.

“Pasokannya sangat kecil, kita semua perlu melakukan vaksinasi secepat mungkin untuk menyelamatkan hidup kita,” kata Dr Maroon-Berzabal.

Bersamaan dengan peluncuran program imunisasi massal di Filipina, ditemukan tanda-tanda yang mengkhawatirkan beberapa jenis baru virus corona yang lebih cepat menyebar dan memicu gelombang baru yang sangat besar.

Dalam sebulan terakhir, Filipina telah mencatat ratusan kasus varian B.1.1.7 yang pertama kali terdeteksi di Inggris dan 152 kasus varian B.1.351 dari Afrika Selatan.

“Ada monster baru,” Presiden Filipina Rodrigo Duterte memperingatkan tentang varian Inggris.

“Saya benar-benar berdoa kepada Tuhan agar varian ini tidak lebih berbahaya dan tidak lebih beracun daripada COVID asli.”

Minggu lalu, Flipina juga baru mengonfirmasi kasus pertamanya dari varian P.1 Brasil.

Para ilmuwan yakin mereka telah menemukan strain Filipina, yang dikenal sebagai P3, di wilayah Central Visayas.

Varian virus lokal baru telah “dikaitkan dengan kemungkinan peningkatan penularan dan lolos dari kekebalan, menurut hasil beberapa penelitian,” demikian disampaikan UP Philippine Genome Center.

Ini adalah contoh nyata bahaya yang dihadapi negara-negara berpenghasilan rendah, yang jauh tertinggal dalam antrean vaksin global, tetapi pada saat bersamaan masih rentan dari jenis varian virus yang lebih menular.

Kasus virus corona di Filipina telah melonjak menjadi 656.056, dan mencatat hampir 13.000 kematian atau tertinggi kedua di Asia Tenggara setelah Indonesia.

Dalam beberapa hari terakhir ada 20.000 kasus baru di Filipina.

Jika tidak segera mengambil tindakan, para peneliti kesehatan memperingatkan jenis COVID-19 yang lebih menular akan menyebabkan penularan naik dua kali lipat menjadi 11.000 pada akhir Maret.

“Terus menyebar”

Dr Guido David, dari kelompok Riset OCTA di Universitas Filipina, mengatakan jumlah reproduksi virus, atau jumlah orang yang tertular dari satu pasien COVID-19, telah meningkat menjadi 2,03. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
15 May 2024 - 16:54
Kepulauan Seribu Jakarta Diguncang Gempa Berkekuatan 5,4 Magnitudo

WARTAPENANEWS.COM –  Gempa dengan kekuatan M5,4 mengguncang Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Rabu 15 Mei 2024, pukul 16.42 WIB. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan gempa tidak berpotensi tsunami. Sementara

01
|
15 May 2024 - 16:19
Usai Wilayah Kharkiv yang Diserang Rusia, Pasukan Ukraina Mundur

WARTAPENANEWS.COM –  Pasukan Ukraina di beberapa desa timur laut Kharkiv ditarik mundur. Sejak pekan lalu tentara Rusia menyerang desa-desa tempat tentara Ukraina mundur. Pengumuman penarikan tentara Ukraina diumumkan oleh pemerintah

02
|
15 May 2024 - 15:37
Kenali Perbedaan Lip Stain dan Lip Cream!

WARTAPENANEWS.COM – Apakah kalian pernah mendengar Lip Stain? Lip Stain adalah produk lipstik cair yang dikenal karena formula ringan dan efek warna yang alami pada bibir. Formula lip stain biasanya

03