30 Januari 2023 - 14:27 14:27
728x90

Vfs Tasheel Klaim Rekam Biometrik di Tanah Air Lebih Hemat Waktu

WartaPenaNews, Jakarta – Penerapan syarat rekam biometrik dalam pembuatan visa haji dan umrah yang sudah dimandatkan oleh pemerintahan Arab Saudi, akan mengurai kerepotan para jamaah untuk menjalankan ibadahnya ke tanah suci. Saat ini sudah ada 34 center untuk perekaman biometrik di berbagai wilayah tanah air dan jumlahnya akan terus bertambah.

Demikian keterangan tertulis dari Vfs Tasheel yang diterima di Jakarta,Jumat (4/1/2019).

Bagi pemerintah Arab Saudi, penerapan aturan biometrik ini memudahkan urusan mereka menangani gelombang pendatang dalam dua momentum ziarah tahunan terbesar di planet Bumi, yaitu haji dan umrah. Aturan itu memudahkan mereka mengawasi siapa saja yang masuk dan keluar dari negara tersebut.

Biometrik akan memberikan kepastian tentang siapa saja yang melintasi perbatasan negara. Pendatang yang tak diinginkan akan terdeteksi. Biometrik juga akan membantu mereka memastikan bahwa pendatang yang datang sudah pulang tepat pada waktunya.

Baca Juga :
Patuhi Tolak Rekam Biometrik Bagi Calon Jamaah Haji dan Umroh

Bagi jamaah Indonesia, kemudahan sistem biometrik tidak hanya mengeliminasi energi yang terbuang sia-sia dalam proses kedatangan maupun kepulangan dari Arab Saudi. Dengan perekaman biometrik yang dilakukan di Tanah Air, jamaah Indonesia akan mendapat jawaban atas segala ketidakpastian mengenai tenaga yang dikeluarkan, materi yang dikucurkan, dan waktu keberangkatan serta waktu yang dihabiskan dalam perjalanan, yang selama ini membayangi pelaksanaan haji dan umrah.

Perekaman data biometrik harus dilakukan sebelum mendaftar umrah atau 1 bulan sebelum berangkat umrah. Sebab saat pengajuan visa untuk umrah, jamaah harus melampirkan bukti tanda terima rekam biometrik VFS Tasheel. Perekaman data biometrik juga bisa dilakukan melalui perjanjian atau janji temu untuk menentukan lokasi, tempat, dan jadwal tanggal dan waktu, sesuai pilihan calon jamaah.

Pihak Vfs Tasheel selaku penyelenggara Biometrik mengklaim proses ini mengeliminasi ketidakpastian menunggu untuk melakukan perekaman. Tapi, meskipun begitu, mereka yang datang tanpa perjanjian tetap akan dilayani, namun setelah pukul 16.00 setiap harinya. Proses perekaman data biometrik sendiri hanya hitungan menit.

“Jamaah yang sudah lelah melakukan perjalanan dari rumah, naik pesawat berjam-jam menuju embarkasi maupun menuju Arab Saudi, tak perlu lagi antre berjam-jam di di Arab Saudi. Rekam biometrik ini sungguh telah memangkas banyak waktu yang sia-sia sehingga jamaah bisa menghemat lebih banyak energi dan lebih fokus pada ibadahnya,” demikian tulis Vfs Tasheel. (isu/rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

garis polisi
Dibakar Hidup-hidup, Wanita Paruh Baya di Sorong Meregang Nyawa
satu 1
Pelaku Pembunuhan Ojol di Tangerang Ternyata Bukan Ojol
film
Deretan Film Semi China Terbaik
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
ahy
Usung Anies Capres, AHY Ajak NasDem-PKS Segera Bentuk Sekretariat Perubahan
satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
bharada e
Tuntutan Terhadap Richard Eliezer Dinilai Janggal
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
30 Januari 2023 - 12:09
Netanyahu Permudah Israel untuk Tembak Orang Palestina

wartapenanews.com - Rencana Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, untuk mempermudah warganya memperoleh senjata api mengingatkan kekhawatiran akan kekerasan terhadap warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki dan Yerusalem Timur sejak

01
|
30 Januari 2023 - 11:06
Mobil Sebar Duit, Warga Jombang Berebut Ambil Uang

wartapenanews.com - Jalan yang ada di Dusun Watudakon, Desa Watudakon, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, mendadak heboh. Tampak sejumlah warga berdiri di pinggir jalan kampung, seperti menunggu kedatangan seseorang. Tidak menunggu

02
|
30 Januari 2023 - 10:06
Arema FC Pertimbangkan Bubarkan Diri karena Tak Diterima Pendukungnya Sendiri

wartapenanews.com -  Klub Arema FC nampak sudah gerah dengan beberapa penolakan dan aksi ricuh dari pendukungnya sendiri di Tanah Air. Akibatnya manajemen mempertimbangkan untuk membubarkan tim menyusul situasi yang tak

03