29 March 2024 - 01:20 1:20

Wamendag Ingin Perdagangan Indonesia-Uni Emirat Arab Ditingkatkan

WartaPenaNews, Jakarta – Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan Uni Emirat Arab adalah salah satu penghubung (hub) perdagangan di Kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara. Karena itu hubungan bisnis Indonesia dengan negara itu perlu ditingkatkan.

Hal itu diungkapkannya dalam Virtual Business Meeting Indonesia-UEA beberapa waktu lalu. Pada tahun 2020, sampai dengan bulan November perdagangan Indonesia- UEA mencapai USD2,7 miliar.

“Kita optimistis perdagangan Indonesia dengan Uni Emirat Arab akan terus meningkat. Ini seiring dengan kebijakan peningkatan ekspor Indonesa,” jelasnya dikutip Rabu (20/1/2021).

GDP UEA adalah USD414,2 miliar pada tahun 2018. Ini berarti pendapatan per kapita UEA adalah sebesar USD41.400. Angka itu menunjukkan besarnya peluang pasar di UEA bagi produk Indonesia.

Selain itu, UEA juga merupakan hub transportasi, perdagangan dan jasa yang penting di Kawasan Timur Tengah. Ini tentu menambah potensi yang sudah ada. Sama dengan UEA, Indonesia punya potensi yang sangat besar baik sebagai pemasok bahan baku maupun pasar.

Dengan jumlah penduduk yang lebih dari 270 juta, Indonesia selalu menjadi pasar yang menarik bagi pelaku ekonomi untuk memasarkan produknya. Maka dengan hubungan kerja sama perdagangan yang baik, peningkatan volume perdagangan di tahun mendatang sangat mungkin dicapai.

Indonesia dan UEA sendiri punya kerja sama perdagangan dengan Dubai lewat mekanisme Gulf Cooperation Council (GCC). Melalui GCC diharapkan banyak peluang di kedua negara bisa lebih terbuka sehingga arus barang dan jasa bisa terus meningkat.

Selain itu, Indonesia secara rutin mengikuti Dubai Expo sebagai Langkah untuk meningkatkan ekspor. Dubai Expo adalah pameran dagang berskala internasional, bahkan terbesar di dunia, dengan pengunjung hingga jutaan orang.

Tahun ini, Dubai Expo direncanakan berlangsung dari tanggal 1 Oktober 2021. Hingga 31 maret 2022. Indonesia pada Dubai Expo 2021 akan menempati area seluas 3000 meter persegi dengan jumlah pengunjung yang ditargetkan mencapai 2,5 juta orang.

Wamendag Jerry Sambuaga menambahkan, pasar akan lebih bergairah. Dimulainya vaksinasi akan makin memberikan kepastian dalam dunia perdagangan.

“Kita yakin Dubai Expo kali ini akan menjadi momentum dan penanda bagi bangkitnya ekonomi dunia. Apalagi vaksinasi sudah mulai dilakukan sehingga pada semester kedua tahun ini diharapkan arus lalu lintas manusia dan produk bisa perlahan pulih seperti sebelum pandemi. Karena itu Indonesia antusias menyambut Dubai Expo tahun ini,” ujarJerry.

Pemerintah, menurut Wamendag Jerry Sambuaga, terus berfokus meningkatkan ekspor sebagai penopang ekonomi nasional. Kontribusi ekspor diharapkan akan makin besar di tahun-tahun mendatang.

“Selain untuk memperluas pasar, penetrasi produk Indonesia di pasar internasional diyakini akan memicu peningkatan kualitas produk nasional. Dengan demikian produk nasional bisa bersaing dan makin dipercaya oleh konsumen, termasuk konsumen dalam negeri,” pungkasnya. (azk)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03