20 May 2024 - 00:56 0:56

Warga Asal China Miliki e-KTP, Pakar Dewan ICMI: Wajar Rakyat Curiga Terjadi Kecurangan di Pemilu 2019

WartaPenaNews, Jakarta – Dewan Pakar Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Pusat Anton Tabah Digdoyo menyebut banyaknya WNA China memiliki e-KTP RI dan masuk daftar pemilih tetap (DPT) semakin memperkuat kecurigaan rakyat jika WNA asal China itu bisa ikut Pemilu 2019.

Kecurigaan itu semakin beralasan dengan membanjirnya turis asal negeri tirai bambu yang datang ke Indonesia. “Ini yang membuat rakyat semakin curiga, apalagi dengan viralnya video kampanye simulasi pemilu berbahasa China dengan foto paslon Jakowi-Ma’ruf tanpa foto paslon lainnya,” kata Anton dalam siaran persnya yang diterima redaksi, Rabu (27/2/2019).

Indikator ini, kata Anton, berpotensi terjadinya kecurangan, apalagi dalam UU Pemilu siapa pun bisa menyoblos hanya dengan menunjukan e-KTP. “Setelah didesak Mendagri baru menyatakan jika e-KTP WNA tak bisa untuk ikut pemilu, Penjelasan ini telat rakyat sudah resah,” kata Anton.

Dalam UU memang sudah diatur, bagi WNA yang punya izin tinggal lama di Indonesia harus memiliki e-KTP, tapi tidak bisa digunakan untuk ikut pemilu. Namun sayangnya pemerintah kurang mensosialisasikan hal tersebut.

“Inilah rezim tidak mensosialisasikan sejak awal. Apalagi ada iklan video pemilu berbahasa China lengkap dengan simulasi cara nyoblos. Apa rezim sengaja buat rakyat resah saling curiga tidak rukun?,” ujar Anton.

Ia menghimbau agar pemerintah cepat mensosialisasikan aturan itu ke masyarakat, terutama kepada petugas TPS dan para saksi. Karena jika tidak, Anton khawatir petugas TPS atau saksi tidak tahu, lalu siapa pun bisa ikut memberikan suaranya dengan e-KTP tersebut. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
18 May 2024 - 12:19
Sosok Ayah Pacar Vina Cirebon Ternyata Seorang Perwira Polisi

WARTAPENANEWS.COM –  Ternyata sosok ayah pacar Vina Cirebon yang tewas dibunuh seorang Perwira Polisi. Diketahui, kasus Vina kembali jadi perhatian masyarakat setelah diangkat ke layar lebar pada 2024 dengan judul

01
|
18 May 2024 - 11:17
Gegara Perang Gaza, Ada Perpecahan Dalam Kabinet Israel

WARTAPENANEWS.COM –  Satu demi satu perpecahan dalam kabinet Israel terkait perang di Gaza mulai terungkap. Menteri Pertahanan Yoav Gallant secara terbuka menuntut strategi yang jelas dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu,

02
|
18 May 2024 - 10:15
Pejabat Kemenhub yang Buat Sumpah Sambil Injak Al-Quran, Dilaporkan ke Polisi

WARTAPENANEWS.COM – Pejabat Kementerian Perhubungan bernama Asep Kosasih dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan penistaan agama. Laporan itu dibuat berdasarkan sebuah video viral yang menampilkan Asep sedang melakukan sumpah

03