30 April 2024 - 23:33 23:33

Warga Bali Diminta Waspadai Potensi Kekeringan pada Juli 2023

wartapenanews.com –  Fenomena El Nino diprediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar, Bali akan terjadi di Bulan Juli dan Agustus 2023. Potensi dampaknya adalah terjadinya kekeringan di beberapa wilayah Pulau Bali.

“Ini merupakan suatu fenomena alam yang bersifat global tapi dampaknya kita rasakan secara lokal dan bervariasi di masing-masing wilayah,” kata Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah III Denpasar I Nyoman Gede Wiryajaya saat dihubungi Rabu (10/5).

Dampak dari El Nino bisa berkurangnya curah hujan dari kondisi normalnya dan terjadi musim kemarau.

“Bisa jadi dampaknya kecil. Kita lihat (nanti) El Nino ini sifatnya lemah, medium, atau kuat. Nanti di Juli dan Agustus kita prediksi dari normal ke lemah,” lanjutnya.

Sementara, untuk pemetaan sejumlah wilayah Bali yang berpotensi terkena dampak El Nino bila menguat menurutnya tergantung letak geografis dan topografisnya.

Namun, pihaknya menghimbau kepada warga agar tetap waspada terutama di sektor pertanian dan kebencanaan yang ada di Pulau Bali. Salah-satunya dengan selalu mengupdate informasi dari BMKG dan BPBD agar bisa dimanfaatkan untuk pengurangan risiko bencana dan pengurangan kemungkinan kerugian. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
30 April 2024 - 12:16
Pasokan Senjata Terlambat, Zelensky Tuduh Rusia Manfaatkan Kesempatan Serang Ukraina

WARTAPENANEWS.COM – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan Rusia memanfaatkan lambatnya pengiriman senjata dari Barat untuk melakukan serangan. Komentarnya muncul setelah AS menyetujui paket bantuan militer senilai USD61 miliar untuk Ukraina.

01
|
30 April 2024 - 11:12
Terlibat Perkelahian, Polisi Korsel Tangkap Satu Orang WNI

WARTAPENANEWS.COM – Kemlu RI mengatakan, polisi di Korea Selatan (Korsel) menahan satu orang yang terlibat perkelahian maut. Kejadian itu menewaskan seorang WNI. "Pihak Kepolisian setempat telah menahan 1 WNI terduga

02
|
30 April 2024 - 10:14
Peredaran 40 Kg Sabu dan 20 Ribu Ekstasi Berhasil Digagalkan

WARTAPENANEWS.COM –  Satresnarkoba Polrestabes Surabaya membongkar peredaran narkoba jenis sabu dan ekstasi. Total barang bukti yang diamankan adalah 40 kilogram (kg) sabu dan 26.019 butir pil ekstasi. Pengungkapan jaringan narkoba

03