10 May 2024 - 13:50 13:50

Warna Lidah Biru Sampai Hitam, Waspadai Penyakit Ini

WartaPenaNews, Jakarta – Lidah adalah salah satu indera di dalam tubuh, yang akan memberikan informasi tentang rasa makanan. Biasanya, seseorang memiliki warna lidah normal berwarna merah muda dengan lapisan putih tipis. Atau warna merah jambu terang atau gelap.

Arti dari perubahan warna lidah.

Lidah yang sehat memiliki banyak papila di bagian atas dan samping. Papila adalah benjolan kecil berdaging yang memberikan tekstur kasar pada bagian atas lidah.

Saat lidah kita berubah warna, dipastikan ada masalah pada kesehatan tubuh kita yang akan memberikan informasi penting. Beberapa dari masalah ini akan hilang dengan sendirinya, sementara yang lain membutuhkan pengobatan sehingga harus diwaspadai.

Dikutip dari Medical News Today, di bawah ini beberapa warna lidah dan kondisi medis yang mungkin menyebabkannya.

Perubahan Warna Lidah dan Masalah Kesehatan

Warna Lidah Hitam
Penumpukan keratin bisa menyebabkan lidah menjadi hitam. Keratin adalah protein di kulit, rambut dan kuku. Penumpukan keratin dapat menyebabkan lidah menjadi hitam dan berbulu. Penumpukan dapat terjadi akibat:

Kebersihan mulut yang buruk
Obat-obatan, seperti beberapa antibiotik
Penggunaan tembakau
Terapi radiasi
Minum cairan berwarna gelap – seperti kopi atau teh hitam – juga bisa menghitamkan lidah.

Dalam kasus yang jarang terjadi, lidah hitam disebabkan oleh kondisi kesehatan yang lebih serius, seperti diabetes atau HIV.

Warna Lidah Putih
Jika lidah memucat dan muncul bercak putih, ini mungkin disebabkan oleh infeksi jamur, seperti sariawan.

Sariawan mulut bisa menyakitkan dan menyebabkan bercak tebal, putih atau merah terbentuk di lidah. Seseorang mungkin mengalami kesulitan menelan atau makan.

Penyebab lain yang mungkin adalah leukoplakia. Kondisi ini menyebabkan bercak putih atau plak terbentuk di lidah, dan seringkali akibat merokok. Selain itu, lidah mungkin tampak putih karena lichen planus, sejenis ruam.

Warna Lidah Ungu
Lidah bisa berubah menjadi ungu karena sirkulasi darah yang buruk atau kondisi jantung.

Lidah ungu juga bisa menjadi tanda penyakit Kawasaki. Ini adalah kondisi langka namun serius yang menyebabkan radang pembuluh darah.

Warna Lidah Merah
Lidah juga bisa menjadi merah dan bergelombang, yang mungkin mengindikasikan kekurangan vitamin B atau demam berdarah.

Bergantian, perubahan ini dapat terjadi sebagai bagian dari reaksi alergi terhadap obat atau makanan.

Lidah merah dan bergelombang juga bisa mengindikasikan glositis – radang lidah. Dalam kasus yang jarang terjadi, itu adalah tanda lain dari penyakit Kawasaki. Seorang dokter mungkin menyebut lidah yang bengkak, bergelombang, dan merah sebagai lidah stroberi .

Warna Lidah Abu-abu
Menurut National Organization for Rare Disorders, suatu kondisi yang disebut geographic tongue dapat menyebabkan bintik-bintik putih keabu-abuan terbentuk di lidah. Garis-garis putih kemudian berkembang di antara bintik-bintik ini, membuat lidah tampak seperti peta.

Eksim juga dapat menyebabkan perubahan warna ini. Sebuah studi tahun 2017 yang melibatkan 200 orang dengan eksim menemukan bahwa 43,5% peserta memiliki lidah berwarna abu-abu atau pucat.

Warna Lidah Kuning
Lidah yang menguning biasanya diakibatkan oleh pertumbuhan bakteri. Kebersihan mulut yang buruk dan mulut kering masing-masing dapat menyebabkan pertumbuhan berlebih bakteri di lidah.

Selain itu, lidah bisa menguning sebelum menjadi hitam dan berbulu . Ini terjadi ketika papila tumbuh lebih besar, menjebak bakteri di permukaan lidah.

Dalam kasus yang jarang terjadi, kondisi kesehatan yang lebih serius menyebabkan lidah menguning. Sebuah studi tahun 2019 menunjukkan bahwa lidah kuning bisa menjadi tanda diabetes. Penyebab lain yang mungkin adalah penyakit kuning .

Warna Lidah Oranye
Saat lidah menjadi oranye, faktor yang sama yang menyebabkan menguning mungkin bertanggung jawab, seperti kebersihan mulut yang buruk atau mulut kering.

Antibiotik dan makanan tertentu juga bisa mengubah lidah menjadi oranye, seperti yang tinggi beta karoten. Ini adalah senyawa yang memberi warna pada wortel.

Warna Lidah Hijau
Lidah bisa menjadi hijau karena penumpukan bakteri, dan penyebabnya mungkin sama dengan lidah kuning atau putih. Dalam beberapa kasus, terbentuk lapisan berbulu atau berbulu.

Warna Lidah Biru
Semburat biru pada lidah bisa menandakan kekurangan oksigen dalam darah. Ini mungkin hasil dari:

Kekurangan oksigen dari paru-paru
Kelainan darah
Penyakit pembuluh darah
Penyakit ginjal
Kadar oksigen yang rendah dalam darah merupakan hal yang serius dan membutuhkan perhatian medis segera.
Eksim adalah kemungkinan penyebab lidah biru lainnya. (mus)

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
10 May 2024 - 12:34
Di Pilgub Jatim, Khofifah Ingin Berpasangan Lagi dengan Emil Dardak

WARTAPENANEWS.COM – PAN menyatakan kesiapannya mendukung penuh Khofifah Indar Parawansa untuk kembali maju di Pilgub Jatim 2024. Khofifah ingin kembali maju Pilgub Jatim berpasangan dengan wakilnya, Emil Elestianto Dardak atau Emil

01
|
10 May 2024 - 11:13
Polisi Selidiki Terkait Wanita di Kebayoran Baru Jadi Korban Begal Payudara

WARTAPENANEWS.COM –  Aksi begal payudara terjadi di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Selasa (7/5) malam. Peristiwa itu terekam CCTV dan viral di sosial media. Dalam video yang beredar, terlihat

02
|
10 May 2024 - 10:51
Pedangdut Senior Jhonny Iskandar Tutup Usia

WARTAPENANEWS.COM – Pedangdut senior Jhonny Iskandar meninggal dunia di usia 63 tahun, pada Jumat (10/5/2024). Kabar duka tersebut dikonfirmasi oleh Dewi, salah satu keponakan sang pedangdut. "Iya, Jhonny Iskandar sudah

03