7 May 2024 - 03:31 3:31

Waspada, 5 Benda dan Tempat Ini Rawan Penyebaran Virus Corona

WartaPenaNews, Jakarta – Virus Corona hari ini telah menjadi momok yang menelan rasa aman masyarakat global. Berbulan-bulan sebelumnya setelah dinyatakan berasal dari Wuhan, Corona masih dalam status endemik. Penyebaran yang begitu cepat membuat Covid-19 ini berubah status menjadi Pandemik yang membuat warga global menjadi was-was. Penyebaran virus begitu cepat, hingga saat ini Covid -19 telah mewabah ke 84 negara dan menginfeksi sebanyak 97.885 manusia. Angka ini tidak dihitung dengan mereka yang berakhir dengan meregang nyawa (kompas.com)

Walaupun terdapat pasien yang sembuh, obat yang dapat mengatasi virus ini belum ditemukan. Mereka yang sembuh adalah pasien yang bergantung pada imunitas dan kekebalan tubuh. Karena itu dibanding yang sembuh, mereka yang meninggal karena virus ini lebih banyak. Karena itulah satu-satunya jalan adalah bagaimana upaya kita untuk melakukan pencegahan agar virus ini tidak menyebar semakin meluas.

Bagi kamu yang sering melakukan aktivitas diluar rumah, maka ada beberapa tempat yang diwaspadai sebagai tempat penyebaran virus. Di tempat ini usahakan untuk mengurangi atau menghindari kontak dengan benda-benda setempat.

1. Transportasi Umum

Jakarta adalah contoh kota yang paling maju di Indonesia. Salah satu indikatornya adalah meningkatnya jumlah masyarakat yang menggunakan transportasi umum sebagai moda transportasi pilihan. Gubernur Anies Baswedan mengatakan bahwa di Jakarta masyarakat yang menggunakan transportasi umum telah menyentuh angka jutaan. Dari sini kita menarik kesimpulan jika Transportasi Umum seperti Bus Trans Kota, LRT dan MRT adalah tempat paling rawan penyebaran Virus.

Karena itu saat berada di Transporasi Umum, kurangi kontak dengan benda-benda sekitar, hindari memegang langsung menggunakan tangan. Pegangan tangan di Bus dan LRT/MRT sebisa mungkin harus dihindari. Dan yang penting tetap memakai masker dan minta orang-orang sekitar dirimu mematuhi etika batuk dan bersin.

2. Toilet Umum

Walaupun toilet Mall terlihat sangat bersih dan wangi, belum tentu tempat ini bebas virus dan bakteri. Virus tidak bisa dilihat secara langsung menggunakan mata telanjang. Banyaknya orang-orang menggunakan toilet umum di Mall setiap harinya, membuat WC umum menjadi tempat yang rawan virus.

Biasanya di toilet umum, telah disediakan Hand Sanitizer dan tisu. Saat kita terpaksa memegang kepala keran atau tombol flush toilet, usahakan untuk langsung mencuci tangan dengan bersih. Ingat untuk TIDAK memegang atau menggaruk wajah sebelum kita memastikan tangan sudah dicuci dengan baik dan benar.

3. Sekolah/Kampus/Universitas

Mungkin ini adalah hal menyedihkan, tetapi tempat yang tinggi insensitas interaksi manusia seperti sekolah, universitas dan kampus adalah tempat yang rawan penyebaran virus. Karena itu beberapa negara telah meliburkan kegiatan belajar dan mengajar di Sekolah. Ini adalah upaya pemerintah tersebut untuk mencegah penyebaran Virus Covid-19 lebih luas lagi.

Baca Juga: Pose Bugil di Masjid, Model Playboy Dibui 3 Tahun Penjara

Di Indonesia, walaupun belum terdapat indikasi penyebaran Virus Corona di sekolah/Kampus, melakukan tindakan pencegahan adalah sikap yang terbaik. Usahakan saat berada di sekolah, kurangi memegang benda yang sangat umum dipegang oleh orang lain. Walaupun terpaksa, kamu harus ingat setelah itu kamu harus pastikan mencuci tangan dengan baik. Dan selalu ingat untk tidak menyentuh wajah sebelumnya.

4. Gagang pintu

Ditempat manapun, gagang pintu adalah benda yang paling banyak dipegang oleh manusia. Tiolet, Minimarket, perpustakaan, ruang kelas, dan ruangan-ruangan lain tempat berlalu lalangnya manusia. Terkadang kamu haru melakukan hal yang tabuh dilihat orang, yakni tidak membuka pintu menggunakan tangan, tetapi mendorong pintu menggunakan lengan.

Bagaimana jika pintu menggunakan gagang putar sehingga mengharuskan tangan memegangnya? Maka kamu bisa menggunakan tisu sebagai alas tangan, atau menggunakan tangan secara langsung dan mencuci tangan dengan sabun setelahnya.

5. Pegangan tangga dan tombol lift

Diruangan yang bertingkat sangat umum dijumpai tangga ataupun lift. Setiap harinya benda ini disentuh oleh banyak orang. Saat menggunakan tangga usahakan untuk tidak memegang pegangannya. Berjalanlah secara normal tanpa mengandalkan pegangan untuk menyanggah badan. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
6 May 2024 - 12:17
Rafah Diserang Israel, 19 Warga Gaza Tewas

WARTAPENANEWS.COM – Israel menyerang Rafah di selatan Gaza pada Minggu (5/5). Aksi Israel adalah tindakan balas dendam atas serangan roket sayap militer Hamas yang menewaskan tiga tentara IDF. Menurut pejabat

01
|
6 May 2024 - 11:14
Pagi Tadi, Gunung Semeru Kembali Erupsi

WARTAPENANEWS.COM – Gunung Semeru yang terletak di Lumajang "batuk" pagi ini, Senin (6/5). Gunung tersebut memuntahkan kolom abu setinggi 700 meter dari atas puncaknya. "Terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari

02
|
6 May 2024 - 10:16
Ada Tumpahan Oli, Jalan Juanda Depok Macet Parah

WARTAPENANEWS.COM – Jalan Juanda dari arah Cisalak ke arah Margonda, Depok, macet parah tadi pagi, Senin (6/5) sekitar pukul 08.00 WIB. Ada tumpahan oli jalan dekat Pesona Square Mal. Pantauan

03