27 April 2024 - 17:57 17:57

Waspada, Game Online Bisa Berpotensi Bullying terhadap Anak di Sekolah

WARTAPENANEWS.COM – The Indonesian Institute Center for Public Policy Research (TII) mengungkapkan bahwa permainan online yang mudah diakses dan memiliki konten kekerasan dapat memicu timbulnya sifat agresif pada anak, yang berpotensi melakukan tindak perundungan atau bullying.

“Beragam bentuk tayangan audio visual, tidak hanya dalam bentuk permainan online, sedikit banyak akan memberikan pengaruh terhadap agresivitas anak,” kata Peneliti Bidang Sosial TII, Dewi Rahmawati Nur Aulia dalam keterangannya, Rabu (4/10/2023)

Dewi menambahkan bahwa keinginan anak untuk menyerang individu lain—baik secara fisik maupun verbal—seringkali tidak diimbangi oleh pendisiplinan perilaku, seperti penghukuman untuk perilaku yang tidak terpuji atau apresiasi untuk perilaku yang terpuji.

Selain itu, Dewi juga menyoroti peran orang tua dalam fenomena ini. Menurutnya, pola asuh yang salah, seperti membiarkan anak bermain game online sesuai keinginannya, juga berkontribusi pada perilaku agresif anak.

Namun, Dewi mengimbau agar orang tua tetap tenang. “Sifat agresif yang timbul dari permainan online tersebut bisa diperbaiki melalui modifikasi perilaku,” ujarnya. Salah satu caranya adalah dengan mengajak anak untuk mengikuti kelas bela diri sebagai saluran positif bagi agresivitas mereka.

Dewi juga menekankan pentingnya sosialisasi pasal hukum yang mengatur tentang perundungan, termasuk pasal 170 KUHP tentang pengeroyokan, pasal 351 KUHP tentang tindak penganiayaan, serta pasal 310 dan 311 KUHP tentang perundungan di tempat umum.

“Oleh sebab itu, kita perlu mendorong institusi kepolisian bersama dinas pendidikan terkait termasuk Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) untuk mensosialisasikan pasal hukum ini,” tutup Dewi. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 April 2024 - 13:12
Lokasi Bunuh Diri Brigadir Ridhal di Mampang Didatangi Keluarga

WARTAPENANEWS.COM – Keluarga Brigadir Ridhal, anggota Polresta Manado yang ditemukan tewas dengan luka tembak di dalam mobil Alphard di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, mendatangi lokasi kejadian peristiwa. Brigadir Ridhal diduga

01
|
27 April 2024 - 12:36
Bule Australia yang Aniaya Sopir Taksi di Bali Dibekuk

WARTAPENANEWS.COM – Maika James Folauhola (24), warga negara (WN) Australia, ditangkap terkait kasus penganiayaan terhadap sopir taksi bernama Putu Arsana. Penganiayaan tersebut terjadi di Jalan Area Central Parkir Kuta, Kuta,

02
|
27 April 2024 - 12:10
BMKG: Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem Masih Mengintai di Peralihan Musim

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem yang masih bisa mengintai di periode peralihan musim hujan ke kemarau. BMKG memonitor masih terjadinya hujan

03