29 March 2024 - 20:37 20:37

Waspadai Penyakit Ini Disaat Transisi Pandemi ke Endemi

wartapenanews.com – Terus berkurangnya kasus COVID-19 mengindikasikan Indonesia kini sedang memasuki tahap transisi pandemi ke endemi. Namun, masyarakat diimbau untuk tetap waspada. Tidak hanya terhadap COVID-19 tetapi juga penyakit yang muncul saat transisi pandemi ke endemi.

Pandemi terjadi ketika sebuah epidemi, wabah lebih dari jumlah yang diharapkan dari kasus penyakit dalam populasi kecil, menyebar luas di wilayah geografis yang luas. Pandemi diketahui menyebabkan gangguan, penyakit, dan kesulitan yang meluas seperti yang kita alami sejak tahun 2020.

Sementara endemi berarti suatu penyakit menyebar di komunitas pada tingkat normal atau yang diharapkan. Pandemi mulai bergeser menjadi endemi setelah penyakit menjadi lebih stabil dan dapat dikelola. Itu tidak berarti virusnya hilang dan tidak akan ada wabah sesekali. Itu hanya kurang mengganggu dalam kehidupan sehari-hari.

Meskipun batas antara pandemi dan endemik tidak pasti, ada tanda-tanda bahwa COVID-19 sedang bertransisi menjadi endemi. Penyebaran virus secara keseluruhan telah melambat karena semakin banyak orang yang divaksinasi dan/atau membangun kekebalan alami. Dengan pengembangan pilihan pengobatan dan respons imun yang lebih baik, gejalanya tidak terlalu parah dan jumlah kasus dan rawat inap secara keseluruhan lebih sedikit, membuat sistem perawatan kesehatan tidak terlalu stres.

Dalam situasi endemi COVID-19 dan bukan pandemi, virus akan tetap beredar, sehingga infeksi masih sangat mungkin terjadi dan akan melonjak dari waktu ke waktu. Seperti endemi influenza yang lebih umum, pasang surut ini biasa terjadi. Tetapi mereka tidak perlu mengubah cara hidup kita secara signifikan.

Saat ini tidak bisa kita prediksikan jalur masa depan COVID-19, apakah akan kembali mengalami peningkatan kasus atau semakin menghilang. Kita ketahui bahwa virus ini terus melakukan mutasi sehingga melahirkan subvarian-subvarian baru. Tetapi kabar baiknya adalah perangkat kesehatan dapat mengelolanya dengan lebih baik.

Masyarakat juga masih belum lupa bahwa COVID-19 telah memporak-porandakan kesehatan manusia. Sehingga meskipun di masa endemi, penting untuk tetap memperhatikan panduan vaksin dan suntikan booster. Selain itu, jangan lengah melakukan kebiasaan sehat seperti mencuci tangan. Manfaatkan rapid test untuk membantu mencegah penyebaran penyakit. Anda juga tetap harus bisa mengambil tindakan pencegahan ekstra seperti memakai masker di tempat ramai.

Penyakit yang harus diwaspadai saat endemi
Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), endemi mengacu pada kehadiran suatu wabah penyakit terus menerus pada populasi di bentang geografis tertentu, seperti satu wilayah, negara, atau benua.

Lainnya, mengartikan endemi adalah wabah penyakit yang secara konsisten ada, tetapi terbatas pada wilayah tertentu, sehingga hal ini yang membuat penyebaran penyakit dan tingkat penularan dapat diprediksi dan virus tidak hilang sepenuhnya, hanya saja sudah lebih terkendali.

Ada beberapa indikator pandemi bisa jadi endemi, antara lain meningkatnya kekebalan masyarakat melawan virus. Selain itu, menurunnya angka infeksi alamiah sehingga jumlah pasien dan angka kematian akibat virus menurun. Yang juga harus diingkat adalah pada masa transisi dari pandemi ke endemi, ada beberapa penyakit menular dan tidak menular yang harus diwaspadai.  (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03