18 April 2024 - 15:28 15:28

WHO Akan Selidiki Asal Usul Covid-19, Buatan atau Bukan?

WartaPenaNews, Jenewa – Minggu depan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan mengirim tim menuju China. Tim ini nantinya akan bertugas untuk menguak asal-usul virus corona baru.

“Kita bisa melawan virus dengan lebih baik ketika kita mengetahui segalanya tentang virus, termasuk bagaimana virus itu dimulai. Kami akan mengirim tim minggu depan ke China untuk mempersiapkan itu,” kata Ketua WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dikutip dari laman CNA, Selasa (30/6/2020).

Sebelumnya, dunia sempat mencurigai COVID-19 berasal dari sebuah laboratorium di Wuhan, China. Wuhan sendiri adalah kota di mana virus menyebar pertama kali.

Kecurigaan ini sempat dilontarkan Presiden AS Donald Trump dan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo.  Trump bahkan menyebut secara gamblang bahwa virus tersebut dengan sbutan Kung Flu.

Trump juga mengumumkan akan membekukan dana dan keluar dari organisasi kesehatan dunia (WHO) karena menilai WHO terlalu dekat dengan China.

Pernyataan Trump ini telah dibantah oleh China. Sementara, para ilmuwan di China mengatakan, virus itu muncul dari binatang yakni kelelawar.

Pandemi Masih Naik

Kepada warga dunia, Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus kembali memperingatkan soal penyebaran virus ini. Meski mengakui sejumlah negara mengalami kemajuan dalam penanganan Corona, dia mengingatkan bahwa ‘hal terburuk masih belum datang’.

“Secara global, pandemi ini masih naik,” ingatnya dalam sebuah konferensi pers virtual, dikutip dari CNBC International. “Kita ingin ini selesai. Kita ingin dapatkan kembali kehidupan kita. Tetapi realitas terberatnya adalah ini belum juga mendekati akhir,” tambahnya.

Data Universitas Johns Hopkins menyebutkan, COVID-19 telah menginfeksi 10,1 juta orang di seluruh dunia. Sementara jumlah orang yang meninggal mencapai 502 ribu pasien. Sebanyak 60 persen kasus harian baru datang dari negara-negara Amerika berdasarkan data WHO per Minggu (28/6/2020). (wsa)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03