20 April 2024 - 11:47 11:47

WHO Tetapkan Virus Corona sebagai Darurat Kesehatan Global

WartaPenaNews, Jakarta -  Coronavirus atau virus corona resmi dinyatakan sebagai darurat kesehatan global oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO setelah 170 orang meninggal akibat virus ini.

Sejumlah pakar kesehatan membuat pengumuman pada Kamis malam, 30 Januari 2020 setelah pertemuan komite darurat WHO di Jenewa, Swiss. Mereka mengkonfirmasi sekarang ada 98 kasus di 18 negara di luar China, sementara ada delapan yang melibatkan penularan dari manusia ke manusia di Jerman, Jepang, Vietnam dan AS.

Setelah pengumuman itu, petugas medis Inggris meningkatkan level kewaspadaan untuk mencegah risiko penularan di Inggris.

Tak hanya itu, bahkan di Novosibisk, Rusia, Pejabat Rospotrebnadzor (Layanan Federal Rusia untuk Perlindungan Konsumen dan Kesejahteraan) menggunakan perangkat pencitraan termal untuk mengukur suhu jarak jauh dari para penumpang yang tiba di Bandara Internasional Novosibirsk dari Sanya, China, sehubungan dengan ditetapkannya virus korona sebagai darurat kesehatan global.

Laporan terakhir menyebutkan jumlah total kasus 2019-nCoV lebih dari 7.000 dengan 170 di antaranya meninggal. Virus ini telah menginfeksi orang di hampir 20 negara.

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus menghadiri konferensi pers setelah pertemuan Komite Darurat mengenai coronavirus baru (2019-nCoV) di Jenewa, Swiss 30 Januari 2020. Dikutip laman Metro, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengkonfirmasi berita tersebut.

Baca Juga: 14 Warga Iran Dibajak Perompak Somalia

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom, mengatakan wabah patogen yang sebelumnya tidak diketahui telah meningkat dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Dia mengatakan kepada wartawan, alasan utama deklarasi ini bukan karena apa yang terjadi di Tiongkok, tetapi karena apa yang terjadi di negara lain. “Kekhawatiran terbesar kami adalah potensi penyebaran virus ke negara-negara dengan sistem kesehatan yang lebih lemah, dan yang tidak siap untuk menghadapinya… Kita harus bertindak sekarang untuk membantu negara-negara mempersiapkan kemungkinan itu.”

Tedros juga mengatakan, Coronavirus atau virus corona kini telah menginfeksi lebih banyak orang di China.(mus)

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03