21 June 2024 - 07:31 7:31

Yuk, Jaga Sistem Imun Tubuh dengan Konsumsi Herbal Alami

Yuk, Jaga Sistem Imun Tubuh dengan Konsumsi Herbal Alami

WartaPenaNews.Com – Menjaga sistem imun tubuh merupakan salah satu kunci utama mencegah tubuh agar tidak cepat merasakan sakit. Ada banyak cara untuk membuat sistem imunitas tubuh meningkat, salah satunya mengonsumsi tanaman herbal, yaitu temulawak.

Masyarakat Indonesia sering memanfaatkan temulawak yang bernama latin Curcuma Xanthorrhiza sebagai obat herbal atau alami, untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan dan mempertahankan daya tahan tubuh.

Nah untuk mempertahankan daya tahan tubuh, ada baiknya kita mengetahui bahwa ada sejumlah nutrisi yang terkandung dalam tanaman herbal berikut ini:

1. Jahe Tanaman jenis rimpang ini sering ditemui sebagai campuran minuman tradisional. Jahe mengandung senyawa aktif (gingerol) yang dipercaya bisa melawan respiratory syncytial virus corona yang menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan.

Selain itu, jahe merah juga mengandung antimikroba yang ampuh meningkatkan daya tahan tubuh selama berpuasa. Jadi, di tengah cuaca yang tak menentu kita nggak gampang sakit.

2. Kencur Olahan kencur yang mudah ditemui sebagai jamu adalah jamu beras kencur. Tanaman jenis rimpang ini menjadi satu di antara tanaman herbal untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Selain itu, kencur mampu menjaga kesehatan tubuh dari gangguan kesehatan. Dengan rutin mengonsumsi olahan dari kencur mampu mengatasi gejala terinfeksi virus corona, seperti flu, batuk, dan sakit tenggorokan.

Akan ada efek stimulasi ketika mengonsumsi olahan kencur pada sistem retikuloendotelial yang merupakan jaringan pengikat retikuler. Kencur mampu tingkatkan sel-sel spleen dan peritoneal yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Kunyit Agar puasa tak terganggu karena daya tahan tubuh menurun, ada baiknya kamu mengonsumsi kunyit. Cara kerja kunyit yaitu dengan cara meningkatkan produksi sel darah putih untuk melawan segala jenis infeksi bakteri atau virus.

Selain kunyit juga mengandung zat curcumin yang melindungi pencernaan dari infeksi E.coli dan Staphylococcus aureus, penyebab masalah pencernaan.

4. Temulawak Seperti yang dibahas di awal bahwa temulawak menjadi salah satu andalan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh selama pandemi dan berpuasa.

Ada banyak kandungan nutrisi dalam temulawak, seperti protein, lemak, serat, dan curcumin.  Temulawak juga memiliki beberapa kandungan mineral, seperti kalsium, zat besi, magnesium, dan mangan. (Vinolla)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
21 June 2024 - 06:37
BMKG: Sejumlah Wilayah di Indonesia Masih Berpotensi Hujan Lebat hingga 27 Juni

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat sepekan ke depan atau periode 21 hingga 27 Juni 2024 mendatang. “Pada bulan Juni 2024 sebagian

01
|
21 June 2024 - 06:12
Penggunaan Antivirus Kaspersky Dilarang di Negara Ini

WARTAPENANEWS.COM – Departemen Perdagangan AS pada Kamis (20/6/2024) mengeluarkan larangan penggunaan perangkat lunak (software) buatan perusahaan keamanan multinasional Rusia, Kaspersky Lab, di wilayah Amerika Serikat. Pada Kamis, Departemen Perdagangan AS

02
|
21 June 2024 - 05:31
Longsor Terjang Polewali Mandar

WARTAPENANEWS.COM – Curah hujan tinggi dalam durasi kurang lebih tiga jam memicu terjadinya tanah longsor di wilayah Kecamatan Tu'ubi Taramanu, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Rabu (12/6). "Hasil kaji cepat

03