27 April 2024 - 05:31 5:31

19 Aksi Sustainability Indika Energy Group untuk Indonesia

WartaPenaNews, Jakarta – Perusahaan energi terintegrasi PT Indika Energy Tbk (Indika Energy)
mengadakan syukuran atas hari jadinya ke-19 dengan melakukan 19 Aksi Sustainability di berbagai wilayah Indonesia secara serentak. Tak hanya berfokus pada pemenuhan kebutuhan energi nasional, Indika Energy juga memiliki misi turut membangun sumber daya manusia Indonesia.

Dengan mengusung tema “Giving Back to the Community”, rangkaian rasa syukur diwujudkan dalam beberapa kegiatan termasuk 19 Aksi Sustainability, donor darah dan INDY Talks 2019.

“Keberlanjutan merupakan elemen inti dari hal-hal yang dilakukan Perusahaan, untuk memastikan kegiatan usaha dan program-program pemberdayaan masyarakat dan pelestarian lingkungan berjalan selaras dengan niat kami untuk memberikan sumbangsih terhadap pembangunan Indonesia,” tutur Arsjad Rasjid, Direktur Utama Indika Energy.

Aksi sustainability (keberlanjutan) secara serentak dilakukan Indika Energy dan anak-anak usahanya
dengan melibatkan lebih dari 500 karyawan. 19 aksi yang dilakukan sesuai dengan pilar-pilar sustainabilty Perusahaan yaitu pendidikan, kesehatan, lingkungan dan pemberdayaan masyarakat. Di Jakarta, Indika Energy melakukan penanaman mangrove di Taman Wisata Alam Angke Kapuk. Indonesia memiliki hutan mangrove terluas di dunia, yaitu sekitar 3,5 juta hektar. Meski demikian, data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mencatat lebih dari 40 persen hutan mangrove Indonesia dalam kondisi rusak. Penanaman mangrove ini dilakukan Perusahaan sebagai upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Beberapa kegiatan sustainability lain juga dilakukan di area kantor INDY Bintaro termasuk edukasi nutrisi, donasi buku dan revitalisasi gedung serbaguna. Sementara itu di Kalimantan Selatan, aksi yang
dilaksanakan adalah menanam 1000 pohon dan menyerahkan ambulans air untuk warga pesisir sungai. Hal serupa juga dilakukan di Kalimantan Timur dengan menanam 1000 pohon bakau, pelatihan ternak bebek, dan kegiatan bersama anak-anak disabilitas. Sementara itu di Kalimantan Tengah, aksi sustainability diimplementasikan melalui rangkaian pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis.
Aktifitas sosial ini pun dilakukan hingga ke ujung timur Indonesia, tepatnya di Papua Barat, dimana anak
usaha Indika Energy disana melakukan aksi tanam bibit pohon dan kampanye lingkungan hidup.
Pencapaian Perusahaan tentunya tak terlepas dari dukungan para pemangku kepentingannya termasuk
para komunitas dan penggiat sosial. Sebagai rangkaian kegiatan hari jadinya ke-19, Indika Energy dan
Indika Foundation juga akan menggelar forum INDY Talks pada 24 Oktober mendatang dengan didukung oleh para penggiat sosial dan berbagai organisasi diantaranya Sahabat Anak, Demibumi, Du’anyam, Sehat Mental Indonesia, SabangMerauke, Yayasan Cinta Anak Bangsa, Filantropi Indonesia, Diet Kantong Pastik, Jadi Gini dan Indorelawan. 2

Sejalan dengan semangat “Inspirasi, Aksi, dan Kolaborasi”, forum ini bertujuan untuk mendorong kolaborasi dan saling berbagi pengalaman antar organisasi yang hadir, serta diharapkan mampu menghasilkan dampak positif yang semakin besar terkait berbagai permasalahan sosial yang ada.

Lebih dari empat dekade Indika Energy Group turut membangun negeri
Indika Energy berdiri sejak tahun 2000. Namun sebagai sebuah Grup usaha, Indika Energy telah turut
membangun Indonesia selama lebih dari empat dekade melalui pembangunan proyek-proyek mahakarya industri energi nasional berskala besar. Mulai dari fasilitas pemrosesan dan kompresi gas di Aceh olehmTripatra, hingga ke wilayah timur Indonesia dimana Petrosea membangun infrastruktur di Papua termasuk jalan, jembatan, rumah sakit dan pelabuhan.

Indika Energy Group juga mengedepankan kepedulian terhadap lingkungan dalam setiap operasinya.
Sebagai perusahaan tambang batubara terbesar ketiga di Indonesia, Kideco Jaya Agung memasok
batubara bersih ramah lingkungan untuk pembangkit listrik tenaga uap yang menjadi kunci penggerak roda ekonomi masyarakat. Sementara itu Cirebon Electric Power, perusahaan pembangkit listrik yang sebagian sahamnya dimiliki Indika Energy, menggunakan teknologi supercritical yang ramah lingkungan dengan tingkat efisiensi tinggi.

Operasional perusahaan juga didukung Mitrabahtera Segara Sejati (MBSS), perusahaan transportasi dan logistik laut untuk barang curah dan sumber daya alam.

Ke depannya, Indika Energy beraspirasi untuk memberikan kontribusi yang lebih signifikan lagi dalam
memenuhi kebutuhan-kebutuhan prioritas Indonesia. “Kami terus melihat dan menangkap peluang usaha yang mampu menyempurnakan Indika Energy sebagai perusahaan energi terintegrasi menjadi perusahaan investasi dengan portofolio bisnis yang terdiversifikasi,” tutur Arsjad Rasjid. (cim)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
26 April 2024 - 18:53
Sharp Indonesia Umumkan Pemenang Program Sharp Lovers Day-Sharp Fiestapora

WARTAPENANEWS.COM –  Kampanye penjualan besutan Sharp Indonesia bertajuk Sharp Lovers Day – Fiestapora telah berakhir akhir Maret 2024 lalu. Sukses dilaksanakan sejak tujuh tahun silam, Sharp Lovers Day hadir guna

01
|
26 April 2024 - 12:10
Usai Dicekoki Ekstasi & Sabu, Remaja di Hotel Senopati Meregang Nyawa

WARTAPENANEWS.COM – Polisi menyebut remaja berusia 16 tahun yang tewas di salah satu hotel kawasan Senopati, Jakarta Selatan, sempat dicekoki beberapa jenis narkoba. "Baik korban yang meninggal atau pun hidup,

02
|
26 April 2024 - 11:12
Imbas Kebrutalan Israel, Begini Suasana Kota Hantu di Palestina

WARTAPENANEWS.COM – Belum ada tanda tanda kapan Israel akan menghentikan kekejaman yang mereka lakukan di tanah Palestina. Mereka tidak saja menghilangkan puluhan ribu nyawa, menghancurkan gedung, membatasi ibadah umat Islam

03