26 April 2024 - 19:55 19:55

Akhir Pekan Ini Polri Luncurkan SIM Baru

sim indonesia laku di asean

WartaPenaNews, Jakarta – Korps Lalu Lintas Polri berencana merubah fisik dari Surat Izin Mengemudi. Selanjutnya, kartu yang perlu dibawa oleh setiap pengendara motor dan pengemudi mobil itu, akan bertambah manfaatnya.

Serupa dengan kartu debet, Smart SIM ditambahkan dengan chip yang dapat menyimpan berbagai ragam data. Bukan sekedar sebagai bukti kelaikan berkendara, Smart SIM dapat difungsikan oleh pemiliknya untuk berbelanja, karena direncanakan pula sebagai uang elektronik.

“Bisa digunakan untuk e-money, dapat jadi uang elektronik. Saldo yang disiapkan maksimal Rp 2 juta,” kata Kepala Korlantas Polri, Irjen Polisi Refdi Andri belum lama ini.

Refdi menjelaskan, peluncuran sah Smart SIM akan dilaksanakan pada Minggu 22 September 2019, bertepatan Hari Lalu Lintas Bhayangkara.

Gak cuma untuk belanja, chip pada Smart SIM pula akan difungsikan untuk menyimpan data pribadi si pemilik, tentulah yang terkait dengan faksi kepolisian. Seperti, data alamat, grup darah dan forensik yang lain.

“Bahkan, disana ada nomer teleponnya. Ada nomer telephone orang paling dekat yang dapat dihubungi, apabila terjadi suatu hal,” paparnya.

Lalu, berapakah biaya untuk membuat kartu SIM pintar itu? Refdi mengatakan, biaya pengerjaan Smart SIM sama juga dengan biaya pengerjaan SIM yang ada saat ini. Mempunyai arti, tidak pergantian biaya.

Bahkan juga, persyaratan dan prosedur pengerjaan dan perpanjangan Smart SIM pula tidak berganti. Ketentuannya, di antaranya pemohon berumur sekurang-kurangnya 17 tahun, pilih grup SIM, ikuti ujian, dan memiliki Kartu Sinyal Masyarakat. (mus)

Berikut daftar biaya pembuatan dan perpanjangan SIM:

SIM A

Biaya pembuatan: Rp120 ribu

Biaya perpanjang: Rp80 ribu

SIM B1

Biaya pembuatan: Rp120 ribu

SIM B2

Biaya pembuatan: Rp120 ribu

Biaya perpanjang: Rp80 ribu

SIM C

Biaya pembuatan: Rp100 ribu

Biaya perpanjang: Rp75 ribu

SIM D (untuk penyandang disabilitas)

Biaya pembuatan: Rp50 ribu

Biaya perpanjang: Rp30 ribu

SIM Internasional

Biaya pembuatan: Rp250 ribu

Biaya perpanjang: Rp225 ribu

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
26 April 2024 - 18:53
Sharp Indonesia Umumkan Pemenang Program Sharp Lovers Day-Sharp Fiestapora

WARTAPENANEWS.COM –  Kampanye penjualan besutan Sharp Indonesia bertajuk Sharp Lovers Day – Fiestapora telah berakhir akhir Maret 2024 lalu. Sukses dilaksanakan sejak tujuh tahun silam, Sharp Lovers Day hadir guna

01
|
26 April 2024 - 12:10
Usai Dicekoki Ekstasi & Sabu, Remaja di Hotel Senopati Meregang Nyawa

WARTAPENANEWS.COM – Polisi menyebut remaja berusia 16 tahun yang tewas di salah satu hotel kawasan Senopati, Jakarta Selatan, sempat dicekoki beberapa jenis narkoba. "Baik korban yang meninggal atau pun hidup,

02
|
26 April 2024 - 11:12
Imbas Kebrutalan Israel, Begini Suasana Kota Hantu di Palestina

WARTAPENANEWS.COM – Belum ada tanda tanda kapan Israel akan menghentikan kekejaman yang mereka lakukan di tanah Palestina. Mereka tidak saja menghilangkan puluhan ribu nyawa, menghancurkan gedung, membatasi ibadah umat Islam

03