26 April 2024 - 09:58 9:58

Awas…Ratusan Juta Kuman Hidup di Kamar Mandi dan Toilet

WartaPenaNews, Jakarta – Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Unilever, di dalam sebuah kamar mandi dan toilet terdapat lebih dari 100 juta kuman yang berisiko menyebabkan penyakit pada pengguna, dalam hai ini adalah keluarga.

Bersihkan Agar Tidak Terpapar Risiko Penyakit

Fakta ini turut diperkuat oleh Dokter Mikrobiologis Klinis, Dr.dr . Wani Gunardi, Sp. MK(K), “Toilet dan kamar mandi adalah tempat kita membuang kotoran dan sisa makanan.

Sebagai gambaran, rata-rata feses seseorang dalam kondisi normal mengandung sekitar 11 milyar kuman per gramnya. Beberapa kuman yang sering ditemukan di kamar mandi diantaranya bakteri Salmonella, E.coli, Listeria, Shigella, Cholera, Typhoid dan Rotavirus, penyebab berbagai macam penyakit, mulai dari diare, gangguan saluran pencernaan dan pernapasan, juga penyakit pada kulit.

“Kamar mandi dan toilet menjadi tempat yang disenangi bakteri, virus dan jamur karena lembab dan tersembunyi. “Pada dasarnya, upaya membersihkan kamar mandi dan toilet tidak serta merta untuk menghilangkan semua kuman dan bakteri, khususnya bakteri patogen. Tapi yang tepat adalah untuk mengendalikan jumlahnya, serta melemahkannya agar tidak mengancam kesehatan penggunanya, “kata Dr.dr Wani.

Walau terlihat bersih dan harum, belum tentu kamar mandi dan toilet Anda bebas dari ancaman bakteri lho. Tentunya dengan cara-cara membersihkan kamar mandi dan toilet yang benar dan tepat, serta durasinya mutlak diperhatikan.

“Kita bisa mengurangi risiko terpapar kuman dengan membersihkan toilet dan kamar mandi, serta mempraktikkan perilaku hidup bersih dan sehat,”ujar Dr.dr.Wani. (bud)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
26 April 2024 - 08:08
Stok Beras Nasional Dipastikan Aman

WARTAPENANEWS.COM – Perum Bulog memastikan pasokan beras masih aman. Secara nasional, stok pangan dasar ini mencapai 1,45 juta ton. Jumlah cadangan beras pemerintah (CBP) itu sudah termasuk penyerapan 633.000 ton

01
|
26 April 2024 - 07:09
Tante yang Bunuh Keponakan di Tangerang Terungkap

WARTAPENANEWS.COM – Polisi menangkap wanita berinisial LN (40) setelah membunuh bocah berinisial EV berusia 7 tahun di Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Banten. Diketahui, korban merupakan keponakan dari pelaku LN. Kapolres Metro

02
|
26 April 2024 - 06:10
Dalam Sehari, Pelaku Begal HP Bocah Depok Beraksi di 3 Tempat

WARTAPENANEWS.COM – Kapolres Metro Depok Kombes Pol Arya Perdana mengungkapkan duo pelaku begal yang viral usai membacok seorang pelajar SMPN 2 Kota Depok berinisial DT di Jalan Anggrek 5, Depok

03