26 April 2024 - 22:17 22:17

Bertemu Golkar, Pengamat: Sinyal Gerindra Masuk Kabinet Makin Kuat

WartaPenaNews, Jakarta – Pengamat politik Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo memprediksi Partai Gerindra akan masuk ke kabinet pemerintahan Jokowi untuk lima tahun ke depan. Sinyal ini muncul setelah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto melakukan safari menyambangi pimpinan parpol koalisi Jokowi.

“Makna dibalik silaturahmi ketua umum parpol menjadi sinyal kuat masuknya Gerindra dalam kabinet Jokowi,” kata Karyono kepada wartawan di Jakarta, Selasa (15/10/2019).

Menurut Karyono, kunjungan Prabowo menemui sejumlah pimpinan parpol merupakan lanjutan dari pertemuan Ketua Dewan Pembina Gerindra itu dengan Jokowi pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa Pilpres 2019.

“Selanjutnya pertemuan itu ditindaklanjuti lagi pertemuan berikutnya dengan Ibu Megawati Soekarnoputri di Teuku Umar, kemudian bertemu dengan Pak Surya Paloh Ketum Nasdem, Muhaimin Iskandar Ketum PKB, dan hari ini bertemu dengan Airlangga Hartarto. Jadi menurut saya itu sinyal kuat Gerindra masuk kabinet Jokowi,” terang Karyono.

Namun, tidak dipungkiri dari pertemuan itu ada pihak yang merasa tidak nyaman dengan langkah Prabowo tersebut. Pasalnya, masuknya Gerindra dalam kabinet sudah pasti akan mengurangi jatah kursi kabinet bagi parpol koalisi lainnya.

“TIdak dipungkiri pasti ada yang tidak nyaman dan tidak puas, serta merasa kecewa. Karena persepsi mereka, buat apa merangkul lawan politik karena bisa mengurangi jatah kursi partai koalisi,” pungkas Karyono.

Langkah Prabowo ini, lanjut Karyono, merupakan bagian dari membangun komunikasi politik agar bisa diterima dengan baik jika Gerindra mendapatkan jatah kursi kabinet.

Karyono pun mengingatkan bahwa Jokowi selaku kepala negara memiliki kewenangan untuk mengangkat atau memberhentikan menteri-menterinya. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
26 April 2024 - 18:53
Sharp Indonesia Umumkan Pemenang Program Sharp Lovers Day-Sharp Fiestapora

WARTAPENANEWS.COM –  Kampanye penjualan besutan Sharp Indonesia bertajuk Sharp Lovers Day – Fiestapora telah berakhir akhir Maret 2024 lalu. Sukses dilaksanakan sejak tujuh tahun silam, Sharp Lovers Day hadir guna

01
|
26 April 2024 - 12:10
Usai Dicekoki Ekstasi & Sabu, Remaja di Hotel Senopati Meregang Nyawa

WARTAPENANEWS.COM – Polisi menyebut remaja berusia 16 tahun yang tewas di salah satu hotel kawasan Senopati, Jakarta Selatan, sempat dicekoki beberapa jenis narkoba. "Baik korban yang meninggal atau pun hidup,

02
|
26 April 2024 - 11:12
Imbas Kebrutalan Israel, Begini Suasana Kota Hantu di Palestina

WARTAPENANEWS.COM – Belum ada tanda tanda kapan Israel akan menghentikan kekejaman yang mereka lakukan di tanah Palestina. Mereka tidak saja menghilangkan puluhan ribu nyawa, menghancurkan gedung, membatasi ibadah umat Islam

03